Bentuk Perilaku Sehat? Cukup 21 Hari!

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Bentuk Perilaku Sehat? Cukup 21 Hari!
Dec 22nd 2011, 09:53

MEMBIASAKAN diri untuk perilaku sehat, ternyata tak butuh waktu lama. Jika dilakukan secara intensif dan tanpa putus, menanamkan sebuah perilaku sehat hanya butuh waktu 21 hari. Enggak percaya?

 
Pakar neuroscience Rachmat Sentika mengatakan, berdasarkan penelitian, langkah perubahan perilaku terdiri atas tiga tahap. Untuk melalui ketiga tahapan tersebut, dibutuhkan waktu minimal 21 hari.
 
Tujuh hari pertama adalah tahapan menanamkan pengetahun untuk memengaruhi pola pikir. Tujuh hari kedua adalah tahapan internalisasi untuk menjadikan suatu perilaku yang telah diketahui sebagai pola sikap atau kebiasaan. Dan, tujuh hari terakhir merupakan tahapan untuk mengubah pola sikap menjadi budaya baru.
 
"Seperti halnya berpuasa Ramadan, 10 hari pertama penyesuaian pola pikir tentang hakikat puasa, 10 hari kedua penyesuaian pola sikap, dan 10 hari ketiga diharapkan perilaku dalam berpuasa dapat menjadi budaya baru," terang Rachmat usai mengisi acara "Pengumuman Pemenang Gerakan 21 Hari untuk Membentuk Kebiasaan Sehat", yang digagas Lifebuoy, Plaza Bapindo Jakarta, Kamis (22/12/2011).
 
Lifebuoy sendiri telah berhasil membentuk kebiasaan sehat, berupa kebiasaan cuci tangan pakai sabun (CTPS) dalam 21 hari. Implementasinya tertuang dalam program "Gerakan 21 Hari Lifebuoy", yang dilakukan di lebih dari 745 sekolah dasar di 10 provinsi. Hasilnya, sebanyak 127.441 siswa SD atau hampir 70 persen dari total peserta G21H berhasil dengan sempurna melakukan CTPS di lima saat penting, yakni sebelum makan pagi, makan siang, makan malam, setelah dari toilet, dan mandi menggunakan sabun.
(tty)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment