Enam Tahun Pertama Masa Keemasan Anak

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Enam Tahun Pertama Masa Keemasan Anak
Dec 22nd 2011, 09:00

JANGAN pernah sia-siakan masa enam tahun pertama kehidupan manusia. Para dokter dan ahli menyepakati masa ini sebagai masa keemasan, di mana terjadi proses pembentukan otak yang akan menentukan tingkat kecerdasan seorang anak.

 
"Umur 0-6 tahun adalah masa keemasan seorang anak karena pembentukan otak. Setelah itu tidak lagi akan dibentuk," kata pakar kesehatan anak Rachmat Sentika usai mengisi acara di Plaza Bapindo, Jakarta, Kamis (22/12/2011).
 
Pada saat bayi lahir ke dunia, terangnya, otak telah terbentuk 42 persen. Dua tahun pertama, volume otak akan berkembang hingga 81 persen. Mencapai enam tahun, volume otak telah mencapai 94 persen.
 
Karenanya stimulasi di masa ini perlu dioptimalkan, didukung dengan ketersediaan asupan gizi yang juga optimal. Diperlukan pemantauan secara berkala pada diri anak, termasuk pada perkembangan fisiknya. Perkembangan fisik menjadi tolak ukur kecukupan gizi anak, yang sekaligus menentukan perkembangan kognitifnya.
 
"Perkembangannya sangat tergantung gizi. Tolong dilihat kader posyandu, lalu dikembangkan supaya anak Indonesia pintar semua. Setelah itu baru bisa ditambahkan pengetahuan dan norma-norma," pungkasnya.
(tty)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment