Faktor Pemicu Infertilitas pada Wanita

iklan
Liputan6 Kesehatan
Liputan6 Kesehatan
Faktor Pemicu Infertilitas pada Wanita
Aug 29th 2011, 08:05

Liputan6.com, New York: Kesuburan merupakan isu sensitif bagi banyak wanita, terutama bagi mereka yang memiliki masalah dalam reproduksi. Karena itu, penting bagi wanita untuk mengetahui apa yang memicu infertilitas.

Geoffrey, pendiri Institut Kedokteran dan Reproduksi Sher, seperti dilansir Oprah.com, mengungkapkan lima hal yang paling sering memicu infertilitas pada wanita.

1. Rusaknya atau tertutupnya tuba fallopi.
Rusaknya atau tertutupnya tuba fallopi akan menghambat sel telur untuk bertemu dengan sperma. Salah satu penyebabnya adalah penyakit menular seksual, seperti klamidia dan gonore.

2. Endometriosis.
Endometriosis adalah suatu kondisi ketika dinding rahim tumbuh di luar rahim, yang menyebabkan jaringan parut nyeri dan perdarahan berat, juga dapat merusak tuba falopi dan ovarium. Munculnya sejumlah minimal endometriosis pada panggul diyakini dapat memengaruhi kesuburan, dengan melepaskan zat beracun yang akan mengurangi potensi pembuahan sel telur.

3. Kerusakan pada ovarium.
Ovarium yang rusak juga dapat menyebabkan infertilitas. Penyakit seperti radang panggul atau endometriosis bisa membuat ovarium berada dalam posisi yang abnormal dan akan mengganggu proses produksi sel telur selama ovulasi.

4. Ovulasi yang tidak normal.
Ovulasi abnormal atau tidak normal juga merupakan penyebab umum ketidaksuburan wanita. Beberapa wanita bahkan tidak mengalami ovulasi sama sekali. Sementara itu, yang lainnya berovulasi terlalu dini atau terlalu terlambat dalam siklus mereka, dan ini sangat memengaruhi proses pembuahan.

5. Ukuran rahim yang tidak normal.
Kelainan dalam ukuran dan bentuk rahim juga dapat menyebabkan masalah ketidaksuburan. Kadang-kadang wanita dilahirkan dengan rahim berbentuk tidak normal akibat asupan obat tertentu saat ibu mereka hamil. Sebuah contoh klasik dari gangguan ini adalah rahim yang merupakan bentuk "T", yang merupakan ukuran rahim dan rongga rahim yang secara signifikan lebih kecil dari ukuran rahim normal.(Medicmagic/SHA)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment