Main Drum Bisa Membunuh Stress

iklan
KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Main Drum Bisa Membunuh Stress
Sep 30th 2011, 00:00

Permainan alat musik yang terkesan berisik ini ternyata bisa menjauhkan seseorang dari stress dan depresi.

KapanLagi.com - Musik selalu memberi banyak keajaiban, terutama bila berkaitan dengan kesehatan pikiran. Saat tubuh lelah dan sedih, mendengarkan musik bernada riang gembira bisa mengembalikan mood seseorang. Sedangkan musik yang terlalu berisik, apalagi dengan dentuman drum tidak banyak dipilih karena membuat kepala semakin sakit.

Suara drum bertalu-talu memang bisa membuat kepala beberapa orang sakit, tetapi memainkannya ternyata bisa membuat seseorang terbebas dari stress dan depresi. Sebuah penelitian yang dilakukan di Finlandia menemukan bahwa para peneliti menemukan hasil yang memuaskan terhadap penurunan stress mereka yang bermain alat musik.

Seperti dilansir Genius Beauty, para peneliti melakukan tes pada 79 relawan yang mengalami depresi. Mereka dibagi dalam 2 kelompok, kelompok pertama melakukan sesi terapi biasa dengan bantuan ahli psikologi berupa wawancara, sedangkan kelompok kedua diberi terapi yang sama dan ditambah 20 sesi terapi musik dan para relawan dapat bermain drum.

Hasilnya, para relawan yang mendapat terapi musik menunjukkan hasil penyembuhan yang lebih baik dibandingkan kelompok pertama. Menurut Prof. Christian Gold dari University of Jyvaskyla, "Hasil tes menunjukkan bahwa terapi musik, selain terapi biasanya, dapat membantu seseorang mengurangi depresi dan kecemasan." Masih menurut beliau, musik dapat membantu seseorang menggambarkan perasaan mereka walaupun tanpa kata-kata. (wo/wsw)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment