Busana Wanita 'Ngetren' Dipakai Bintang Hip-Hop Pria  

iklan
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Busana Wanita 'Ngetren' Dipakai Bintang Hip-Hop Pria  
Oct 1st 2011, 10:12

TEMPO Interaktif, New York - Lil Wayne meloncat-loncat di panggung dengan celana ketat perempuan selama tampil di MTV Video Music Awards. Kanye West pun tak kalah "dandy", mengenakan kemeja beraneka motif yang didesain khusus untuk perempuan, tampil di Festival musik Coachella.

Kid Cudi pun pernah terlihat mengenakan rok kotak-kotak. Lalu Snoop Dogg yang rajin memasang perhiasan berlian yang dirancang untuk perempuan. Tak kalah pula Pharrel Williams yang ternyata adalah penggemar tas Birkin keluaran Hermes.

Pemilik sekaligus direktur kreatif perhiasan berlian Lia Sophia, Elena Kiam, mengaku awalnya terkejut dengan pelanggan-pelanggan barunya. Nama-nama seperti 50 Cent, P.Diddy, dan Snoop Dogg ternyata menggunakan perhiasan keluaran Lia Sophia dalam klip video ataupun foto sampul muka majalah.

"Ketika kami mendesain kalung cantik berkilauan ini, kami pikir akan digunakan untuk bintang film, bukan para penyanyi hip-hop," kata Elena.

Pengarah gaya selebritas June Ambrose menuturkan gaya aneh-aneh musikus multiplatinum tersebut bisa diterima karena pribadi mereka menjadi tren budaya hip-hop. Gaya Lil Wayne yang memakai celana ketat bermotif loreng dalam MTV Video Music Award bisa dibilang eksentrik. "Tapi dia adalah bintang rock dan bergaya aneh-aneh adalah hal yang wajar," ujar June.

"Fashion sebaiknya unisex seperti sekarang ini. Fashion saat ini merupakan gaya ter-unisex yang pernah ada," kata June.

Kanye West, bintang hip-hop yang terkenal metroseksual, sempat memakai kemeja perempuan lengan panjang yang jatuh pas badan keluaran rumah mode Celine dalam peluncuran merek busananya di Paris. Meski sejumlah orang mempertanyakan pilihan Kanye West, June menilai justru tak ada yang salah.

"Saya pikir gaya Kanye West masih dapat diterima asal dia tidak mengenaikan sepatu hak tinggi, tidak pake lipstik," kata June. June adalah pengarah gaya yang juga menangani artis Jay-Z, P.Diddy dan Will Smith. "Mereka menganggap fashion sebagai sebuah seni," ucap June.

Ternyata mode dengan pakaian wanita tidak berlaku untuk rapper saja. Aktor Russel Brand dan rocker Steven Tyler dan Pete Wentz pun mengenakan busana ala perempuan. Janet Jackson menguraikan, jaket hitam berkilauan yang dipakai kakaknya, Michael Jackson, dalam penampilannya di Motown 25 berasal dari koleksi ibu mereka. Gaya androgyny ala selebritas yang paling terkenal diusung oleh David Bowie dan Freddie Mercury hingga Prince.

Bahkan bintang pop Justin Bieber mengaku mengenakan jins perempuan karena cocok dengan ukuran remaja 17 tahun ini. "Saya hanya berpikir apa yang nyaman saya pakai," ujar dia.

Budaya hip-hop acap didefinisikan dengan maskulinitas selaras dengan genre musiknya. Maka sulit dibayangkan Eminem berada di panggung dengan atasan transparan ala artis perempuan atau rapper DMX mengenakan sandal ke pantai seperti Jay-Z. Gaya hip-hop dalam tahun-tahun terakhir sudah mengalami perubahan mendasar. Dari jersey olahraga gombrong dengan celana melorot dan kaus besar berubah ke arah baju ketat. Terkadang artis hip-hop terlihat seperti bintang rock atau indie hipster.

WASHINGTONPOST.COM|DIANING SARI

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment