Setahun, 17,1 Juta Orang Meninggal karena Jantung

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Setahun, 17,1 Juta Orang Meninggal karena Jantung
Sep 30th 2011, 04:20

Lifestyle » Fit and Beauty » Setahun, 17,1 Juta Orang Meninggal karena Jantung
Jum'at, 30 September 2011 - 11:20 wib

Johan Sompotan - Okezone

17,1 juta orang meninggal karena jantung. (Foto: Getty Images)
17,1 juta orang meninggal karena jantung. (Foto: Getty Images)

JANTUNG telah menjadi penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Tak mengejutkan jika organisasi kesehatan dunia WHO menetapkan, bahwa kebanyakan orang-orang di dunia meninggal karena sakit jantung. Kondisi tersebut ditemukan pada 2010.

"Saya belum lama ini mendapatkan informasi dari organisasi kesehatan di dunia yaitu WHO kalau dalam setahun sudah 17,1 juta orang di dunia meninggal karena jantung," kata Prof DR Dr Budhi Setianto SpJP dari Rumah Sakit Harapan Kita saat ditemui di acara gerakan "Sayangi Jantungmu bersama Quaker" di FX Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (29/9/2011).

Jika biasanya penyakit ini didominasi orangtua, namun kini kebanyakan mereka yang meninggal dunia berusia di bawah 60 tahun.

"Sebanyak 63 persen adalah penyakit tidak menular. Sebanyak 55 persen, jantung dan pembuluh darah, kanker, diabetes militus, serta penyakit opstrusi paru menahun, dan itu menyebabkan 36 juta meninggal. Sebanyak 17,1 jutanya meninggal karena jantung," jelasnya.

Bertambah banyaknya data orang yang meninggal akibat penyakit jantung disebabkan mereka tidak peduli terhadap kesehatan dirinya.

"Banyaknya penyakit jantung karena banyak yang tidak peduli dengan jantung. Ini masalah mau atau tidak mengubah pola hidup," paparnya.

Selain kurang memerhatikan kesehatan, lingkungan juga menjadi faktor penting lainnya yang menjadi penyebab tingginya penderita penyakit jantung di dunia.

"Kalau dibilang penyakit jantung itu turunan, bukan. Kebanyakan karena faktor lingkungan, apalagi zaman semakin maju," tutupnya.

(nsa)
mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment