Hanya Satu Persen Bumil Turunkan Epilepsi ke Anak

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Hanya Satu Persen Bumil Turunkan Epilepsi ke Anak
Dec 17th 2011, 02:38

DIKETAHUI bukan penyakit genetik (keturunan), epilepsi ternyata masih dapat diturunkan dari ibu hamil (bumil) ke janin yang dikandung. Apa pasal?
 
Epilepsi tak memandang usia, ras maupun status ekonomi. Pada suatu serangan epilepsi, terjadi aktivitas listrik abnormal di otak dengan bentuk manifestasi berupa serangan-serangan kejang atau bentuk lain. Seperti perubahan tingkah laku, perubahan kesadaran dan perubahan lain yang hilang-timbul, baik yang terasa atau terlihat.
 
Gangguan listrik di otak tersebut dapat disebabkan antara lain kerusakan jaringan, misalnya tumor otak, cedera kepala, atau akibat gejala sisa dari suatu penyakit seperti infeksi otak (meningitis, encephalitis), gangguan pembuluh darah otak (stroke), cacat lahir, kelainan genetic, serta 30 persen tidak diketahui penyebabnya.
 
"Tapi, hanya satu persen kasus epilepsi pada anak yang ditularkan ibunya. Karena sangat kecil, kita tidak usah pusing memikirkannya," kata Dr Hardiono D Pusponegoro SpA (K) dari Departemen Ilmu Penyakit Anak UI, pada seminar media "Mari Hapus Stigma Negatif Epilepsi" di Candi Prambanan, Hotel Sahid Jaya, Jakarta, belum lama ini.
 
Lantas, bagaimana tingkat kesembuhan anak dengan terapi stem cell?
 
"Arah (pengobatan) memang ke situ, tapi pakar di seluruh dunia belum menyatakan bagus. Sementara di Indonesia, terapi itu masih digodok Departemen Kesehatan," tutupnya.
(tty)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment