Tai Chi Tingkatkan Keseimbangan Tubuh

iklan
Liputan6 Kesehatan
Liputan6 Kesehatan
Tai Chi Tingkatkan Keseimbangan Tubuh
Dec 17th 2011, 09:05

Liputan6.com, New York: Olahraga Tai Chi ternyata dapat meningkatkan keseimbangan tubuh terutama pada orangtua. Menurut penelitian terbaru Dr William Tsang dari Hong Kong Polytechnic University, bahkan orangtua yang penglihatannya berkurang dapat meningkatkan keseimbangan mereka dan menghindari jatuh dengan berlatih Tai Chi.

Seperti diwartakan situs Daily Mail sabtu (17/12), para ahli mengatakan seni bela diri yang lembut itu dapat membangun kekuatan dan juga meningkatkan kontrol keseimbangan. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan terjatuh bagi orang berusia lanjut, terutama mereka yang memiliki penglihatan yang sudah berkurang.

Para peneliti jalani penelitian dengan melakukan program selama empat bulan, dengan melibatkan sebanyak 40 orang berusia di atas 70 tahun. Mereka dipersilakan tinggal di rumah perawatan, untuk menjalani serangkaian kegiatan untuk diteliti.

Para sukarelawan itu jalani latihan Tai Chi tiga kali sepekan, selama 90 menit setiap latihan. Setiap sesi latihan dirancang untuk membantu sukarelawan menguasai berat badan mereka secara bertahap. Gerakan memutar kepala dan torso-torso membuat bagian tubuh mereka menjadi lebih peka, sehingga dapat meningkatkan koordinasi setiap bagian tubuh mereka. Lembut namun efektif, Tai Chi adalah latihan yang sempurna untuk para orangtua.

Hasilnya, yang dipublikasikan dalam The Age and Ageing Journal, mengungkapkan relawan yang berlatih memiliki keseimbangan jauh lebih baik daripada kelompok kontrol yang diajar memainkan alat musik. Penulis studi Dr William Tsang mengatakan: "Tai Chi dapat menjadi bentuk latihan yang cocok bagi mereka dengan gangguan penglihatan, dan memang membantu dengan meningkatkan kontrol keseimbangan mereka." (Dailymail/TNT/AIS)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment