Wanita Epilepsi Alami Kejang Lebih Sering Saat Haid

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Wanita Epilepsi Alami Kejang Lebih Sering Saat Haid
Dec 15th 2011, 08:52

SAAT haid, wanita penderita epilepsi lebih sering mengalami kejang. Apa pasal?
 
Epilepsi merupakan penyakit serius menahun yang berkaitan dengan syaraf. Kejadian sekilas paroksismal akibat letupan-letupan berlebihan di korteks otak. Epilepsi bukan penyakit keturunan dan umumnya disebabkan oleh kerusakan otak dalam proses kelahiran, trauma kepala, stroke, dan tumor.
 
"Kejang atau bangkitnya letupan paling sering dialami sewaktu siklus haid. Hal ini karena adanya perubahan hormon estrogen dan progesteron atau antiepilepsi, sehingga penderita lebih sensitif mengalami kejang," tutur dr Lyna Soertidewi SpS (K) M Epid dari Departemen Ilmu Penyakit Syaraf UI, pada seminar media "Mari Hapus Stigma Negatif Epilepsi" di Candi Prambanan, Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (15/12/20111).
 
Ditambahkan dr Lyna, ketika wanita penderita epilepsi berencana hamil, perlu kepatuhan dalam hal minum obat.
 
"Konsultasikan terlebih dulu ke dokter sehingga pengobatannya bisa optimum sebelum terjadi pembuahan. Karena selama ini, wanita penderita epilepsi berhenti minum obat epilesi karena takut anaknya lahir cacat," jelasnya.
 
Masalah bayi cacat yang dikandung tak akan terjadi asalkan sudah dilakukan evaluasi.
 
"Penting untuk mengetahui tingkat keparahan epilepsinya dan dokter yang memeriksa perlu melakukan kajian mendalam terhadap cairan rahim dan cairan janin," tutupnya.
(tty)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment