Cantik dan Sehat dengan Olive Oil

iklan
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
Cantik dan Sehat dengan Olive Oil
Jan 7th 2012, 13:55

image

BAGI kaum wanita, mendengar kata olive oil atau yang sering dikenal dengan minyak zaitun sudah tak asing lagi di telinga. Selain dikenal sebagai penambah cita rasa makanan, minyak ini juga memiliki beragam manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Tak heran jika minyak ini dijuluki the liquid gold.

Minyak zaitun diketahui mengandung lemak tak jenuh yang lebih baik untuk tubuh dan kesehatan. Setiap buah zaitun yang matang mengandung 80% air, 15% minyak, 1% protein, 1% karbohidrat, dan serat 1%. Untuk menghasilkan buah dan berproduksi secara penuh, pohon zaitun harus berumur 15-20 tahun.
 
Mengonsumsi atau menggunakan minyak zaitun diketahui bisa bermanfaat bagi perempuan karena dapat membantunya mencegah lima penyakit yang ancaman kesehatan, di antaranya:

Penyakit jantung dan stroke

Penyakit jantung dan stroke masih menjadi ancaman bagi perempuan, meskipun jumlahnya tak sebesar pada kaum laki-laki. FDA melaporkan mengganti sekitar 2 sendok makan lemak jenuh dengan minyak zaitun setiap harinya bisa membantu mengurangi risiko jantung koroner yang dapat menyebabkan serangan jantung serta stroke.

Kandungan hingga 80 persen asam lemak tak jenuh tunggal yang terdapat dalam minyak zaitun bisa membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat).

Kanker

Mayo clinic melaporkan bahwa pembunuh kedua perempuan adalah penyakit kanker, yaitu kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar. Studi oleh Cornell University menunjukkan, bahwa konsumsi minyak zaitun secara teratur bisa menurunkan risiko dan memerangi kanker karena kandungan asam oleat dan antioksidan di dalamnya.

Penyakit Alzheimer

Berdasarkan studi tahun 2008 oleh Alzheimer's Association diketahui bahwa perempuan lebih rentan terkena penyakit alzheimer dibanding laki-laki. Penyakit yang menyerang otak ini berkaitan dengan masalah pada ingatan, penilaian, dan berpikir.

Salah satu pencegahannya adalah mengonsumsi minyak zaitun. Hal ini didapatkan dari studi yang dilakukan oleh peneliti Northwestern University dan Monell Chemical Senses Center. Studi menunjukkan, senyawa alami oleocanthal dalam minyak zaitun bisa membantu mengobati dan mencegah penyakit alzheimer.

Diabetes

American Diabetes Association merekomendasikan penggunaan minyak zaitun yang lebih sehat dalam daftar diet atau pengaturan pola makan untuk mengontrol gula darah. Hasil studi oleh European Food Information Council melaporkan, minyak zaitun bisa mengurangi kadar glukosa darah yang bermanfaat untuk penderita diabetes.

Selain digunakan sebagai bahan obat, manfaat minyak zaitun untuk kecantikan juga, yaitu :

1.    Masker Wajah
Usapkan minyak zaitun pada wajah dan hindari area mata. Setelah satu menit, hapus dengan air hangat. Minyak zaitun berfungsi sebagai masker anti penuaan.

2.    Perawatan Rambut
Minyak zaitun baik dipakai untuk melembabkan rambut kering dan sangat disarankan bagi yang memiliki rambut tebal untuk melembutkan rambut yang kaku. Caranya, aplikasikan minyak zaitun dengan handuk hangat dan biarkan selama 20 menit, lalu cuci bersih.

3.    Melembutkan Kulit
Gunakan minyak zaitun di kaki untuk melembutkan dan menghaluskan kulit sebelum tidur. Pakai kaos kaki agar zaitun meresap sempurna. Pemakaian rutin menjadikan kaki halus dan lembut.

4.    Perawatan Tangan dan Kuku
Tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memperoleh produk perawatan kuku dan tangan. Usapkan minyak zaitun pada tangan dan kuku membuat kuku lebih sehat.

5.    Lulur
Campurkan garam, gula dan minyak zaitun dan gunakan sebagai lulur. Hasilnya, disamping akan mengelupas sel-sel kulit mati, kulit lebih lembut dan lembab.


#Dikutip dari berbagai sumber

(Gesti Arma/CN33)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment