Si Kecil Periang yang Pemalu di Luar Rumah

iklan
KOMPASfemale
KOMPASfemale
Si Kecil Periang yang Pemalu di Luar Rumah
Jan 7th 2012, 02:51

KOMPAS.com - Tanya: Anak saya, Revani Saidah Azzahrah (3), saat ini sudah masuk playgroup, tapi ada satu masalah yaitu ia tidak mau ditinggal. Maunya ditunggui di kelas. Selain itu kalu main ke rumah tetangga juga maunya ditemani. Padahal di rumah tergolong anak yang periang dan tak mau diam, serta cukup pemberani untuk mencoba permainan baru. Dia juga sebenarnya mudah bergaul dengan teman-temannya. Bagaimana mengatasinya supaya tidak pemalu? (Fitriah - via e-mail)

Jawab:
Sisi positif Revani adalah mudah bergaul dengan teman-temannya, sedangkan masalahnya sekarang adalah belum mau ditinggal di kelompok bermain ataupun ketika bermain di rumah teman.

Bermain di rumah teman, boleh ditemani untuk sementara waktu, agar Anda bisa mengamati apa yang terjadi dengan anak-anak ketika mereka berkumpul bersama-sama. Anak bisa bermain dengan teman-temannya, ibunya bisa mengamati dari dekat atau bahkan bergabung dengan anak untuk bermain bersama sehingga kualitas permainan anak bisa meningkat dan ia bisa belajar banyak hal dari kegiatan bermain tersebut.

Sebaliknya, jangan terlalu banyak menginterupsi ide-ide yang dikembangkan oleh anak, ikuti saja tema cerita atau cara mereka bermain. Bila ibu ingin memberi masukan dalam rangka memperkaya tema cerita anak-anak ini, cukup dengan menawarkan ide dan tidak memaksakan kehendak kepada anak. Kerika usianya sudah empat tahun, Ibu bisa meninggalkannya bermain di rumah teman, asalkan segi keamanan untuk anak-anak ini terjamin.

Bagaimana dengan di sekolah? Kelebihan Revani yang mudah bergaul bisa dimanfaatkan. Berikan kesempatan dia bermain dengan anak-anak sebelum kegiatan kelas dimulai dan setelah pulang sekolah. Kalau anak merasa dirinya sudah bisa melebur dengan teman-temannya, dengan sendirinya dia lebih berani ditinggal dalam kelas. Guru bisa dimintai bantuannya untuk mendekatkan diri pada anak, tapi jangan sampai anak bergantung pada guru, mengintil ke mana pun gurunya pergi. Seringkali saya memberi saran pada para orangtua agar banyak mempertemukan anak dengan teman-teman sekolah di luar waktu program play group.

(Dra Mayke S Tedjasaputra, Msi, Play Therapis dan Psikolog)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment