Elevated HIIT Cardio: Untuk Membakar Lemak Lebih Banyak Lagi

iklan
KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Elevated HIIT Cardio: Untuk Membakar Lemak Lebih Banyak Lagi
Oct 20th 2011, 07:16

Sekitar 6 minggu yang lalu di awal bulan September, saya sempat posting sebuah video mengenai cardio 3 Menit yang bisa Anda lakukan di rumah dan membakar kalori banyak dengan waktu yang sangat singkat.

KapanLagi.com -

Oleh: Denny Santoso

Dan hebohnya, ternyata cardio tersebut sangat diminati banyak orang karena sangat sederhana, bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah dan bahkan di kantor atau di manapun juga. Ini linknya: http://www.sixreps.com/videos/2/321/home-cardio-workout-better-th

Setelah 6 minggu berlalu, kali ini saya memperkenalkan teknik kardio baru yang bisa Anda gunakan ketika menggunakan treadmill di tempat fitness atau jika Anda memilikinya di rumah. Cardio ini memiliki efek after burn yang cukup bagus.

Ok, ok.. sebelum Anda kebingungan dengan semua ini, saya coba jelaskan istilah-istilahnya dari awal terlebih dahulu.

Cardio workout, diambil dari kata cardiovaskular yang artinya jantung dan peredaran darah. Jadi cardio workout adalah olahraga yang melatih organ-organ tubuh tersebut. Contohnya: jalan, lari, jogging, renang, basket, volley, badminton, futsal, sepeda, aerobic, dan sebagainya.

Nah, biasanya ketika orang melakukan lari di atas mesin treadmill, atau jogging, mereka melakukannya dengan tujuan membakar lemak, dan dengan kecepatan yang konstan selama 30 sampai 45 menit. Memang itu membakar lemak, tetapi efeknya kurang dahsyat. Maka dari itu biasa kita menggunakan apa yang disebut HIIT, yaitu High Intensity Interval Training.

Di mana lari dengan intensitas tinggi diselang-seling dengan intensitas rendah. Biasanya jalan cepat dengan speed 6 sekitar 2 menit dan lari dengan speed 9 selama 1 menit dan diselang-seling sebanyak 6x. Polanya seperti ini:

4 Menit pemanasan speed 4.5-5kmh

2 Menit jalan cepat speed 6kmh

1 Menit lari speed 8.5 – 9kmh (ulangi dua langkah di atas sebanyak 6x)

2-4 Menit pendinginan dengan speed 4-4.5kmh.

Nah, pada artikel ini, saya memperkenalkan apa yang disebut Elevated HIIT Cardio, di mana efek pembakarannya jauh lebih banyak daripada HIIT biasa. Ini versi penuhnya, dan polanya seperti ini:

4 Menit pemanasan speed 4.5-5kmh

1.5 Menit jalan cepat speed 6kmh

1.5 Menit lari speed 8.5-9kmh (ulangi dua langkah di atas sebanyak 3x)

1 Menit jalan cepat speed 6kmh

1 Menit lari speed 11-12kmh (atau lebih cepat kalau Anda memang bisa) (ulangi dua langkah di atas sebanyak 3x)

2-4 Menit pendinginan dengan speed 4-4.5kmh.

Lakukan Elevated HIIT Cardio ini setelah latihan beban, atau kalau Anda tidak melakukan Angkat beban, lakukan asal jangan bangun tidur dengan perut kosong. Latihan ini membutuhkan energi sehingga sebaiknya Anda makan 1.5 jam sebelum melakukannya.

Elevated HIIT Cardio ini memiliki efek afterburn yang sangat dahsyat dan tubuh Anda akan terus membakar lemak meskipun Anda sudah stop melakukannya. Diharapkan dengan rutin melakukan teknik ini, Anda bisa membuang lemak Anda lebih cepat. (df/bee)

Source: http://duniafitnes.com/

Provided by:

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment