Ayo Tertawa Agar Tak Merasa Sakit!

iklan
KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Ayo Tertawa Agar Tak Merasa Sakit!
Dec 3rd 2011, 00:00

Tertawa lepas ternyata bisa mengurangi rasa sakit yang diderita seseorang. Nyalakan film komedi kesukaan Anda!

KapanLagi.com - Jika selama ini Anda dikelilingi orang-orang yang gemar membagi cerita lucu, lelucon dan lawakan (bahkan yang garing sekalipun), maka Anda patut bersyukur. Kehadiran mereka secara tidak langsung membuat Anda selalu sehat dan jauh dari rasa sakit. Selain itu, ada yang mengatakan bahwa jika Anda senang tertawa maka Anda akan awet muda. Tampaknya mitos yang beredar itu benar adanya.

Hilangkan Rasa Sakit Dengan Tertawa

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Oxford seperti dilansir Genius Beauty menyebutkan bahwa tertawa lepas (bahkan yang lepas kontrol) mampu melepaskan endorphin, zat yang tidak hanya menciptakan euforia atau perasaan senang, tetapi juga bisa menurunkan rasa sakit yang diderita seseorang. Hal ini terkait dengan efek tertawa yang mengharuskan seseorang memasukkan banyak udara ke dalam paru-paru.

Penelitian tersebut dilakukan dengan cara membagi kelompok sukarelawan dalam dua kelompok. Kelompok pertama diminta untuk menonton video lucu selama 15 menit. Sedangkan kelompok kedua diminta untuk menonton tayangan yang membosankan, misalnya saja permainan golf. Hasilnya, kelompok pertama yang tertawa berhasil mengurangi rasa sakit sebanyak 10 persen.

Makin Kencang, Makin Bermanfaat

Padahal, sebelum melihat tayangan lucu tersebut, kelompok pertama tidak dapat mengurangi rasa sakit yang diderita, sama buruknya dengan yang dirasakan kelompok kedua. Hal ini menunjukkan bahwa tertawa membawa dampak yang positif untuk mengurangi rasa sakit. Tetapi tidak semua tertawa membawa dampak yang sama. Tertawa terkikik tidak sebaik tertawa terbahak-bahak.

Sayangnya, dalam penelitian ini belum diketahui seberapa banyak endorphin yang dibutuhkan untuk menurunkan rasa sakit. Walau begitu, tak ada salahnya Anda mengumpulkan jenis video lucu. Let's make a big HAHAHA time... (wo/wsw)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment