Tubuh Ramping dan Kencang Berkat Berkuda

iklan
KOMPASfemale
KOMPASfemale
Tubuh Ramping dan Kencang Berkat Berkuda
Dec 2nd 2011, 07:20

KOMPAS.com - Tak harus diet dan mengurangi porsi makan hanya untuk menurunkan berat badan Anda. Tak percaya? Coba saja berkuda secara rutin, dijamin Anda bisa mendapat tubuh yang sehat sekaligus ramping.

"Olahraga berkuda bisa membuat seluruh otot tubuh bergerak dan membakar kalori lebih banyak," ungkap Rahmat Natsir, Direktur JN Stud, saat media gathering JN Stud di Gunung geulis, Bogor, Jawa Barat, Kamis (1/12/2011) lalu.

Ketika duduk di atas kuda, secara otomatis semua otot di seluruh bagian tubuh akan bekerja keras untuk bisa mengendalikan kuda. Otot tangan yang memegang kendali kuda akan terus bergerak seiring dengan irama kuda, sehingga pergerakan ini akan mulai membakar kalori di lengan dengan baik.

Demikian pula dengan otot-otot di kaki, penggunaan sepatu boots khusus untuk berkuda terbilang cukup kaku dan berat bagi pemula, dan ketika mengendalikan kuda pun kekuatan pijakan kaki harus bertumpu pada telapak kaki, dan bergerak sesuai irama derap kaki kuda. Latihan ini akan melatih otot kaki supaya lebih kuat sekaligus membakar lemak di kaki.

Lemak sebagian besar terdapat di bagian perut perempuan. Ketika berkuda, otot perut juga akan bergerak sehingga bisa membakar lemak tubuh. Namun, meski bisa menurunkan berat badan, dengan berkuda Anda juga bisa mendapatkan tekstur dan struktur tubuh yang kuat, padat, dan tidak menggelambir di bagian tertentu.

"Saya dan keluarga baru beberapa bulan ini menyukai berkuda, dan saya sudah merasakan manfaatnya. Lingkar tubuh saya sudah menyusut sampai 2 nomor (sekitar 5 kg). Padahal seminggu hanya dua kali dan tidak rutin," ungkap Ika Sastrosoebroto, Presiden Direktur Prominent PR, yang juga penggemar olahraga berkuda kepada Kompas Female, dalam acara yang sama.

Selain merampingkan tubuh, berkuda ternyata juga punya manfaat lain, yaitu memperbaiki postur tubuh seseorang menjadi lebih baik. "Masyarakat sekarang, terutama anak-anak, cenderungan memiliki postur tubuh yang agak bungkuk. Ini bisa diperbaiki melalui berkuda," tukas Rahmat.

Salah satu hal yang wajib menjadi perhatian adalah postur tubuh yang harus tegap. Ketika berkuda, punggung harus tegap dan dada membusung. "Pola tubuh yang tegap ketika berkuda dengan rutin ini bisa membuat posisi tubuh menjadi lebih tegap sehingga tubuh terlihat lebih tinggi," tambahnya. Kegiatan berkuda ini juga bisa memperbaiki struktur tulang punggung yang menjadi lebih tegap dan tegak.

Dengan berbagai manfaat ini, tak heran jika banyak selebriti Indonesia seperti Larasati Gading, Nabila Syakieb, Asya Syara, Okie Agustina, sampai Kikan, yang mulai menggemari olahraga berkuda. "Namun, yang paling rutin latihannya dan punya kuda sendiri adalah Larasati, Nabila, dan Asya Shara," tambah Natsir.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment