Obat ARV Turunkan Risiko Penularan HIV/AIDS 96 Persen

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Obat ARV Turunkan Risiko Penularan HIV/AIDS 96 Persen
Dec 2nd 2011, 09:45

HARAPAN untuk hidup normal bagi orang dengan HIV/ AIDS (ODHA) kini semakin terbuka lebar sejak kehadiran obat antiretroviral (ARV). Bahkan, ODHA yang mengonsumsi obat ARV ketika terindikasi, bisa mengurangi risiko penularan hingga 96 persen.

Selain obat ARV, pakar kesehatan memaparkan bahwa penggunaan kondom mampu mengurangi risiko penularan HIV/AIDS hingga 80 persen. Sementara, proses sunat akan mengurangi risiko tersebut hingga 60 persen.

"Kalau kondom harus dipakai terus-menerus selama beraktivitas seks, tentu merepotkan bagi beberapa pasutri. Dan untuk sunat, penemuan tersebut bahkan menjadi keharusan di Papua. Sebab, mereka sudah tahu manfaatnya," papar Prof Dr Zubairi Djoerban SpPD-KHOM pada konferensi pers "Pedoman Nasional Pelayanan Kesehatan (PNPK) HIV/AIDS" oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) di Restoran Munik, Jalan Matraman Raya, Jakarta, Kamis (1/12/2011).

Ia menegaskan, penggunaan obat ARV akan membuat hidup ODHA normal kembali. "Sedangkan ARV akan mencegah penyakit untuk menular. Karena selain kekebalan tubuh pulih, jumlah virus juga berangsur menjadi nol," tutupnya. (ftr)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment