Empal Goreng Enak ala Chef Lucky

iklan
KOMPASfemale
KOMPASfemale
Empal Goreng Enak ala Chef Lucky
Oct 29th 2011, 06:48

KOMPAS.com - Pria yang awalnya seorang pengusaha mebel ini sekarang lebih dikenal sebagai chef. Ini berkat keberhasilannya menjadi pemenang acara MasterChef Indonesia. Lucky dikenal dengan kepiawaiannya mengolah makanan serbadaging dan bakar-bakaran. Untuk Anda, ia berbagi tips seputar membuat empal goreng yang enak. Yuk, kita coba.

1. Sangrai 1 sendok ketumbar sampai wangi. Ulek bersama 5 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, sedikit jahe, dan 2 cabai merah besar. Tambahkan merica, garam, dan gula jawa secukupnya. "Bila tidak suka pedas, tidak perlu pakai cabai," kata Lucky.

2. Tumis 1 bawang bombai yang telah dipotong kecil-kecil. Setelah wangi, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Tambahkan 3 helai daun jeruk, 2 lembar daun salam, 1 potong lengkuas, dan 1 batang sereh.

3. Potong-potong daging sapi sebanyak 1 kg. Lalu pukul-pukul dengan ujung muntu (pasangannya cobek) yang lancip.

4. Masaklah daging sapi bersama tumisan bumbu. Tambahkan air sampai daging terendam.

5. Masukkan 2 ssendok makan asam jawa dan kecap. "Banyaknya kecap sesuai selera. Kalau saya, semakin hitam, semakin suka," ujar Lucky. Ia juga mengatakan hasilnya akan lebih lezat jika menggunakan air kelapa sebagai ganti air putih. "Lebih gurih dan mantap, tegasnya.

6. Setelah setengah jam, kecilkan api.

7. Masak terus hingga air tinggal sedikit, angkat.

8. Biarkan hingga dingin, lalu goreng ketika akan dimakan. Sisanya simpan di dalam freezer. "Biasanya saya akan menyimpan sesuai dengan jumlah yang akan dipakai nantinya. Kalau misalnya setiap menggoreng saya butuh empat potong, dagingnya saya bungkus empat-empat," ujar Lucky memberi tip. Selamat mencoba.

* Ingin mengetahui problema ibu bekerja, tips gaya dan menjaga kebugaran, baca Lipsus Working Mom.

Sumber: Majalah Sekar

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment