Ragam Aktivitas Fisik Sesuai Usia Anak

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Ragam Aktivitas Fisik Sesuai Usia Anak
Oct 28th 2011, 08:32

Lifestyle » Family » Ragam Aktivitas Fisik Sesuai Usia Anak
Jum'at, 28 Oktober 2011 - 15:32 wib

(Foto: gettyimages)
(Foto: gettyimages)

BERAPAPUN usia anak Anda sekarang, mereka tidak terlalu muda atau tua untuk melakukan gerak fisik yang menyenangkan. Ada beberapa ragam aktivitas fisik yang disarankan untuk mereka.

Balita

Mengajak si kecil berolahraga bukanlah hal yang sulit. Pada dasarnya anak-anak pastilah senang untuk bermain. Apalagi dengan orangtuanya.

Direktur Program Fitness Debi Pillarella Med mengatakan, "Ajak anggota keluarga untuk bermain dan bergantian menyebut variasi berjalan. Misalnya berlari, jalan kecil, dan jalan merangkak. Ini dilakukan seluruh anggota keluarga."

Tentunya Anda juga senang bermain waktu kecil bukan? Nah, ajak anak bermain petak umpet, petak jongkok, kasti, dan permainan lain yang sarat gerak fisik.

Anak usia sekolah

Usia sekolah merupakan saat yang tepat untuk memulai aktivitas yang lebih berstruktur. Bisa berupa kelas tari, tim baseball, basket, dan tim olahraga lain. Orangtua bisa memasukkan anak-anaknya ke tim olahraga ini.

Namun, jangan hanya mengantar mereka, perhatikan mereka beraksi dengan timnya. Dengan begitu, Anda turut mendukung hobinya. Saat teman anak datang ke rumah, katakan boleh bermain asal jangan main komputer atau menonton televisi. Minta anak bermain di luar rumah dengan temannya.

Remaja

Bagi anak remaja, ada baiknya orangtua membatasi penggunaan ponsel, televisi, dan komputer (kecuali untuk pekerjaan rumah) menjadi hanya dua jam setiap harinya. Kalau anak Anda amat bergantung pada bendabenda ini, batasi penggunaannya perlahan-lahan.

Bersama keluarga, gunakan waktu libur untuk beraktivitas, seperti mengajak bersepeda atau mendaki gunung. Anak remaja mungkin lebih antusias, jika dia mengajak serta temannya dalam liburan.

(Koran SI/Koran SI/ftr)
mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment