Melindungi Si Kecil dari Batpil

iklan
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
Melindungi Si Kecil dari Batpil
Oct 15th 2011, 17:50

Tips

10 Oktober 2011 | 11:31 wib

Share :Facebook Twitter
image

SEMENTARA si kecil bersemangat menunggu kesempatan bermain bersama teman-temannya di luar rumah, virus influenza menyerang kekebalan tubuhnya. Batuk dan pilek (batpil) praktis tidak dapat dihindari selama musim dingin atau musim penghujan datang, namun ada beberapa cara untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil dan membantu menjaga tubuhnya tetap sehat.

1. Membersihkan tangan

Cara termudah dan paling efektif untuk melindungi anak-anak Anda dari virus penyakit adalah dengan senantiasa mengingatkan mereka pentingnya mencuci tangan secara teratur setelah bermain atau beraktivitas. Pastikan mereka mencuci tangan dengan sabun sebelum makan. Selain itu, ajarkan juga mereka untuk tidak menggosok mata atau hidung saat pilek menyerang karena hal ini bisa menjadi perantara bakteri atau virus tersebar cepat ke dalam aliran darah melalui membran lendir.

2. Bersin dengan benar

Bersin adalah salah satu cara tercepat untuk menyebarkan kuman penyakit, karenanya penting untuk memastikan si kecil menggunakan tisu saat bersin atau batuk. Ajarkan juga si kecil bersin sambil menyembunyikan wajahnya ke dalam lekukan lengan. Hal ini cenderung lebih aman daripada bersin sambil menutup mulut dengan tangan, karena tangan berpotensi besar menularkan virus itu ke orang lain.

3. Hindari berbagi makanan dan minuman

Untuk mengurangi kemungkinan si kecil kontak langsung dengan virus influenza, ajarkan padanya untuk tidak berbagi makanan dan minunan dengan teman-temannya di sekolah. Berbagi makanan dengan anak yang sudah terpapar influenza sebelumnya sangat memungkinkan si kecil juga ikut tertular penyakit.

4. Makanan sehat untuk si kecil

Makanan sehat dengan gizi seimbang adalah cara yang tepat untuk membantu melawan penyakit yang menyerang tubuh si kecil. Makanan kaya vitamin C dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan. Blackcurrant, Jeruk dan Kiwi dapat Anda sajikan sebagai makanan penutup untuk si kecil. Sementara paprika manis dapat ditambahkan ke dalam makanna bercita rasa gurih atau dimakan mentah. Bawang putih juga dipercaya sebagai antioksidan, mempercepat penyembuhan dan bahkan bertindak pula sebagai dekongestan.

5. Berolahraga

Ajarkan si kecil untuk selalu menyenangi kegiatan berolahraga, karena aktivitas tersebut dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Olahraga secara teratur membantu menangkal virus, terutama bermanfaat bagi si kecil yang kelebihan berat badan sehingga sulit bernapas saat hidungnya tersumbat karena pilek.

6. Istirahat cukup

Meski si kecil tidak mengeluh sakit, pastikan Anda mengajaknya untuk tetap istirahat. Tidur adalah salah satu cara tubuh melawan virus, pun membantu memulihkan kondisi mereka serta mengurangi penyebaran penyakit mereka kepada orang lain.

(maya/CN19)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

Bookmark and Share

Baca Komentar | Kirim Komentar

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment