Wanita Stres Lebih Cenderung Punya Bayi Perempuan  

iklan
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Wanita Stres Lebih Cenderung Punya Bayi Perempuan  
Oct 18th 2011, 08:38

TEMPO Interaktif, London - Sebuah studi mengungkapkan bahwa para wanita yang mengalami stres dan ingin hamil ternyata lebih cenderung untuk melahirkan bayi perempuan. Studi yang dilakukan oleh Oxford University mengungkapkan, wanita dengan level cortisol yang lebih tinggi berpeluang lebih besar untuk melahirkan bayi perempuan ketimbang para calon ibu yang tidak stres.

Cortisol adalah hormon steroid yang diproduksi sebagai respons terhadap stres. Para ilmuwan juga menemukan mereka yang level cortisolnya paling tinggi hanya berpeluang 25 persen untuk melahirkan bayi laki-laki.

Studi ini meneliti 207 wanita pada bulan-bulan sebelum mereka hamil. Para ahli menemukan bahwa wanita yang mengalami stres jangka pendek dan kelelahan akan membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil.

Dr. Cecilia Pyper dari Departemen Kesehatan Publik di Ofxord Univeristy mengatakan, "Riset ini ditujukan kepada para wanita sehat di Inggris yang tengah berusaha untuk mempunyai bayi. Riset ini penting karena kami perlu mengidentifikasi cara agar kehamilan dan bayi yang dilahirkan sesehat mungkin."

Penelitian ini, ia melanjutkan, meneliti tingkat stres pada wanita yang ingin hamil. Riset ini juga mengidentifikasi bahwa kelelahan dan stres pada wanita hamil bisa menyebabkan masalah selama kehamilan dan juga perkembangan si bayi.

Ditambahkan Pyper, wanita yang ingin hamil sudah diberi tahu betapa pentingnya mengonsumsi asam folat bagi bayi mereka, juga agar mereka berhenti merokok serta mengecek kekebalan tubuh terhadap virus rubella. "Jika penelitian ini dikonfirmasi oleh penelitian yang lebih besar, maka kemungkinan wanita juga disarankan untuk menurunkan stres," ujarnya.

AOL I ARBA'IYAH SATRIANI

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment