Hadapi Makanan Nikmat Tak Sehat Saat Lebaran

iklan
VIVAnews - KOSMO
VIVAnews - KOSMO
Hadapi Makanan Nikmat Tak Sehat Saat Lebaran
Aug 26th 2011, 08:32

Jum'at, 26 Agustus 2011, 15:32 WIB

Pipiet Tri Noorastuti, Febry Abbdinnah

VIVAnews - Lebaran kerap menyisakan sesal. Tentu, ini berhubungan dengan pola makan yang tiba-tiba berubah akibat sajian menggoda yang melimpah. Sajian yang umumnya khas dengan racikan santan, berminyak, berlemak, dan mengandung kolesterol tinggi.

Meski sadar efek buruknya terhadap kesehatan, bukan perkara mudah untuk menghindarinya. Sebab, tradisi berkunjung ke rumah sanak saudara sejak Lebaran hari pertama kerap memunculkan rasa sungkan jika tak menyantap sajian nikmat itu.

Alhasil, tubuh terjejali lemak jahat dalam jumlah banyak selama beberapa hari berturut-turut. Serangan hipertensi, kolesterol tinggi, diabetes, asam urat, dan penyakit jantung pun berpotensi kambuh jika tidak dapat menahan diri mengonsumsi makanan-makanan manis, bersantan dan berlemak.

Dokter Abrijanto, Bussiness Development Manager PT Deltomed dan dokter umum pemerhati herbal, mengingatkan pentingnya mengasup buah dan sayur kaya serat selama Lebaran untuk mengimbangi serangan jahat makanan itu.

Menurutnya, konsumsi buah dan sayur yang kaya serat akan membantu menyerap lemak yang menumpuk, dan memperlancar sistem pencernaan. "Lemak yang menumpuk di usus akan mudah diserap dan dibuang oleh serat," ujarnya.

Selain mengontrol diri menghadapi sajian menggoda selama Lebaran, istirahat cukup penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Sebab, kurang istirahat dengan asupan makanan tak sehat akan meningkatkan risiko serangan batuk, flu, dan radang tenggorok.

Perhatikan pula kebersihan lingkungan rumah. Kebersihan kerap luput dari perhatian saat asisten rumah tangga mudik. Jangan sampai rumah menjadi sarang perkembangbiakan virus dan bakteri penyebab sakit.

Dokter Abrijanto membagi trik sehat merayakan Lebaran:

1. Istirahat yang cukup
2. Batasi makanan bersantan, berlemak, dan berkolesterol tinggi
3. Tetap perhatikan kebersihan makanan
4. Konsumsi buah dan sayur
5. Tetap olahraga

• VIVAnews

Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

' ); $.ajax({ type: "POST", url: "/comment/load/", data: "valIndex=" + a + "&articleId=" + b + "&defaultValue=" + c, success: function(msg){ $("#loadkomen").html(msg); //$(".balasan").hide(); } }) }

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment