Nyaris Buta Akibat Lupa Lepas Lensa Kontak

iklan
Liputan6 Kesehatan
Liputan6 Kesehatan
Nyaris Buta Akibat Lupa Lepas Lensa Kontak
Aug 27th 2011, 14:21

Liputan6.com, London: Kegagalan mengikuti aturan kebersihan saat mengenakan lensa kontak dapat menyebabkan konsekuensi yang tragis. Seorang wanita asal Inggris terkena infeksi kornea setalah lupa melepaskan lensa kontaknya saat tidur. Media Genius Beauty mewartakan, Sabtu (27/8), akibat kejadian itu, Katie Richardson kini tidak bisa membuka matanya, dan nyaris mengalami kebutaan.

Wanita berusia 24 tahun itu, telah lama menggunakan lensa kontak sehingga tanpa sadar ia tetap menggunakannya ketika tidur. Ia hanya menggunakan cairan disnfektan untuk membersihkan kedua matanya setelah tertidur dengan lensa kontak.

Namun, tiba-tiba ia merasa mata kirinya sangat perih. Ia menduga hanya menderita konjungtivitis, tapi rasa sakitnya justru semakin meningkat. Saat diperiksa, Katie mengalami infeksi akibat peradangan yang dipicu infeksi jamur. Saat ini, Katie tengah dirawat untuk menyembuhkan infeksi pada matanya.

Menurut ahli mikrobiologi Simon Kilvington dari University of Leicester, jumlah orang yang menderita infeksi acanthamoeba baru ini telah meningkat. Di Inggris tercatat 50 kasus setiap tahun, termasuk Katie.

Penggunaan berkepanjangan lensa tanpa istirahat dapat menyebabkan pembentukan mikroskopik sehingga bakteri dengan mudah dapat menembusnya. Mikroba keratitis, komplikasi paling berbahaya jika memakai lensa kontak tengah berkembang pesat. Selain itu, penggunaan lensa kontak dalam waktu lama akan mengurangi sensitivitas mata, sehingga orang tidak menyadari jika infeksi sudah stadium yang lebih parah.(IAN)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment