Waspada Gemuk di Musim Hujan

iklan
VIVAnews - KOSMO
VIVAnews - KOSMO
Waspada Gemuk di Musim Hujan
Jan 16th 2012, 07:05

Senin, 16 Januari 2012, 14:05 WIB

Pipiet Tri Noorastuti

VIVAnews - Apa yang paling nikmat saat hujan mengguyur? Selain tidur berselimut tebal, menyeruput minuman hangat sembari mengunyah makanan tentu menciptakan kenikmatan tersendiri. Mereka terjebak nafsu makan menggila di tengah dingin yang menyergap.

Banyak orang berlindung di balik mitos yang menyebut bahwa seseorang butuh kalori lebih banyak untuk menghangatkan tubuh.

"Jawabannya terletak pada fisiologi modern. Ketika suhu udara turun, suhu tubuh juga turun, dan itu yang meningkatkan kerinduan untuk menyantap makanan yang akan menghangatkan tubuh dengan cepat," kata Kristin Herlocker MS, RD, ahli gizi dari Pusat Diabetes Amerika, di Houston, seperti dikutip webmd.com.

Rangsangan itu otomatis merangsang tubuh untuk aneka makanan kaya karbohidrat, gula, yang dapat menghangatkan tubuh dengan cepat. Inilah yang kemudian menjebak banyak orang mengasup makanan berkalori tinggi selama musim hujan.

Angela Ginn, seorang ahli diet dan juru bicara American Dietetic Association, sepakat bahwa suhu udara memengaruhi nafsu atau selera makan seseorang. Rasa lapar umumnya lebih menggelora saat memasuki suhu dingin.

Udara dingin merangsang tubuh memproduksi hormon melatonin, yang membuat seseorang merasa mengantuk dan lapar. "Saya biasanya mendengar orang-orang lebih banyak mengeluh selalu merasa lapar saat musim dingin," ujar Gin, seperti dikutip dari Betty Confidential.

Jangan terjebak kondisi ini. Di tengah nafsu makan yang menggila, tetap selektif memilih makanan. Hindari camilan berkalori tinggi seperti cake, cokelat. Pilih kudapan yang lebih bersahabat seperti buah, sup hangat, atau camilan rebus. (eh)

• VIVAnews

Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Kirim Komentar

Anda harus Login untuk mengirimkan komentar

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment