Kurangi Risiko Kanker, Ubah Gaya Hidup

iklan
Liputan6 Kesehatan
Liputan6 Kesehatan
Kurangi Risiko Kanker, Ubah Gaya Hidup
Dec 9th 2011, 10:42

Liputan6.com, London: Hanya dengan sedikit menahan diri dari godaan rokok dan alkohol ternyata bisa berdampak besar buat kesehatan seseorang. Sebab, dua hal ini merupakan pemicu utama kanker. Berganti gaya hidup dengan berhenti mengonsumsinya akan membuat seseorang terhindar dari kanker.

Para ilmuwan menemukan jika empat dari 10 kanker bisa dicegah jika seseorang mengubah kebiasaan harian dalam hal rokok, diet berlebihan, dan alkohol. Berdasarkan penelitian oleh Pusat Penelitian Kanker Inggris ditemukan jika 134 ribu kanker yang terdeteksi tahun lalu disebabkan karena gaya hidup yang melibatkan rokok dan alkohol.

Rokok menjadi kontributor terbesar dengan 61 ribu diagnosis. Komposisinya terdiri atas 40 persen kanker yang diderita kaum pria dan 45 persen dari kaum wanita, demikian hasil studi yang dirilis British Journal of Cancer.

Diet berlebihan juga ikut memicu kanker. Kurangnya asupan buah dan sayur serta terlalu banyak garam dan daging merah menyebabkan 30 ribu orang terdeteksi kanker tahun lalu di Inggris.

Alkohol bertanggung jawab atas 12.500 kasus tiap tahunnya. Terutama kanker mulut, usus, dan tenggorokan. "Jika saja kita bisa mencegah 134 ribu kasus kanker tiap tahunnya tentu akan menghemat biaya kesehatan," ujar Chief Executive Peneltian Kanker UK, Dr Harpal Kumar.(NatGeo/ADO)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment