Rambut Tumbuh Kasar dan Lebat Usai Cukur

iklan
VIVAnews - KOSMO
VIVAnews - KOSMO
Rambut Tumbuh Kasar dan Lebat Usai Cukur
Dec 9th 2011, 08:55

VIVAnews - "Jangan dicukur nanti semakin tebal dan lebat." Mungkin Anda kerap mendengar wejangan itu saat hendak mencukup bulu berlebih di sejumlah bagian tubuh, seperti kaki, ketiak, atau area intim. Logiskah wejangan itu?

"Mencukur rambut yang tumbuh di lapisan kulit tidak akan membuatnya tumbuh lebih gelap atau tebal," kata Jessica Wu, MD, ahli dermatologis klinis dari University of Southern California Medical School, Los Angeles, seperti dikutip Everyday Health.

Jessica mengatakan bahwa mencukur rambut tidak akan memengaruhi pertumbuhan rambut, yakni folikel yang ada di bawah lapisan kulit.

Kesimpulan tersebut berdasar sejumlah penelitian lampau, salah satunya studi tahun 1920 mengenai seberapa cepat rambut tumbuh usai dicukur. Studi tahun 1970 juga menguatkan argumen bahwa rutin mencukur rambut berlebih di tubuh seminggu sekali tak memengaruhi pertumbuhan dan tekstur rambut.

Jessica mengatakan, argumen soal rambut tumbuh lebih tebal dan lebat mungkin muncul karena pisau cukur tak membuat rambut tercabut hingga akar. Pisau cukur membuat rambut terpotong di bagian tengah sehingga menghasilkan patahan tumpul.

Patahan tumpul membuat rambut terkesan lebih kasar dan tebal. Sementara ketika tercabut hingga akar, rambut akan tumbuh secara alami dengan ujung yang sedikit runcing dan lembut, sehingga terkesan lebih tipis.

"Yang sebenarnya menentukan ketebalan rambut adalah ukuran folikel di mana rambut tumbuh," kata Jessica. "Sementara melanosit (sel-sel yang memproduksi melanin, pigmen yang mewarnai rambut dan kulit) adalah penentu tingkat kegelapan rambut."

Untuk mendapatkan hasil cukuran yang lebih halus, Jessica membagi tips berikut:

* Gunakan pisau cukur yang tajam dan bersih. Bila perlu ganti dengan mata pisau yang baru setiap kali hendak dipakai untuk memastikan ketajamannya sempurna. Hindari penggunaan pisau cukur berkarat.
* Gunakan gel pelembab atau krim untuk melumasi rambut, agar tak menghasilkan potongan yang kasar.
* Untuk membantu mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pisau cukur, bersihkan perlahan di sela sesi mencukur.
* Setelah kulit bebas rambut, jangan lupa selalu gunakan lotion setelah mandi untuk mempertahankan kelembutannya.

Namun, Jessica lebih merekomendasikan waxing dan threading sebagai metode melenyapkan rambut mengganggu. Dua metode ini membuat rambut tercabut hingga akar. Selain pertumbuhan rambut lebih halus, jeda rambut kembali menyembul dari kulit juga lebih lama.

"Tapi, jika tidak ingin rambut tubuh lagi, ada elektrolisis dan laser hair removal, yang menargetkan folikel untuk menghilangkan rambut secara permanen," ujarnya. (sj)

• VIVAnews

Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Kirim Komentar

Anda harus Login untuk mengirimkan komentar

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment