Yuk, Jadi Pemburu Diskon Sekaligus Berhemat!

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Yuk, Jadi Pemburu Diskon Sekaligus Berhemat!
Aug 24th 2011, 11:52

Lifestyle » Trend and Fashion » Yuk, Jadi Pemburu Diskon Sekaligus Berhemat!
Rabu, 24 Agustus 2011 - 18:52 wib

Fitri Yulianti - Okezone

(Foto: gettyimages)
(Foto: gettyimages)

PEMBURU diskon dinilai menghemat jutaan hingga puluhan juta rupiah setiap tahunnya. Alasannya karena mereka mampu melakukan tawar-menawar.

Di masa ekonomi sulit, aktivitas tawar-menawar pun berubah. Awalnya hobi kini menjadi obsesi. Begitu banyak di antara kita yang mengambil keuntungan dari voucher diskon dan sale.

Survei yang dilakukan terhadap 2.000 orang dewasa menemukan bahwa sembilan dari 10 orang dewasa yang mandiri secara finansial menggunakan voucher atau mencari barang diskon. Mereka bergantung pada tawar-menawar akibat kondisi keuangan yang semakin ketat.

Hampir semua responden mengatakan tidak malu untuk berburu diskon. Ajakan untuk makan di luar adalah target teratas untuk menghemat uang, diikuti diskon liburan, dan tiket penerbangan.

Namun, berburu harga diskon menyebabkan gesekan di sebagian keluarga. Simak beberapa hasil survei, seperti dilansir Dailymail:

- Sebanyak 9 persen responden jengkel ketika pasangannya membayar harga penuh.

- Sebanyak 7 persen menilai bahwa berlebihan bila mereka harus membayar setengah harga untuk membeli barang.

- Sebanyak 12 persen mengatakan, tawar-menawar bertujuan memastikan harga yang tepat, 20 persen mengatakan jarang membeli sesuatu dengan harga penuh, dan 15 persen menolak untuk membayar lebih dari kemungkinan harga sebenarnya.

Kebiasaan berburu barang diskon kini telah berubah sebab hanya 1 persen responden mengatakan malu untuk melakukannya. Bahkan, hanya 0,5 persen akan memandang rendah orang-orang yang mencari barang murah.

Memang, berburu barang diskon telah menjadi kegiatan sosial di mana 44 persen responden berbagi kabar diskon dengan teman-temannya, bahkan 7 persennya bersaing untuk melihat siapa yang bisa mendapatkan barang paling murah.

Diskon apa yang kerap diburu orang? Sebanyak 53 persen menghemat biaya restoran, takeaway, dan makanan cepat saji. Sebanyak 38 persen menghemat biaya liburan dan 25 persennya mencari diskon tiket penerbangan.

"Krisis ekonomi membuat kita lebih berhati-hati dengan uang yang kita pakai dan lebih cerdas untuk berhemat guna mendapatkan lebih banyak barang," jelas Lindsay Forster juru bicara Halifax Home Insurance, penyelenggara survei.

(ftr)
mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment