Beragam Manfaat Cokelat

iklan
Liputan6 Kesehatan
Liputan6 Kesehatan
Beragam Manfaat Cokelat
Sep 15th 2011, 13:48

Liputan6.com, Jakarta: Kabar baik bagi para pecinta cokelat. Camilan yang jadi sahabat baik kaum hawa ini ternyata memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Penelitian terbaru bahkan menemukan mereka yang gemar mengkonsumsi cokelat memiliki resiko 37 persen lebih rendah terserang gangguan jantung, dan 29 persen lebih rendah terserang stroke, jika dibandingkan mereka yang tidak.

Ingin tahu manfaat lainnya? Yuk, kita simak penjelasan di bawah ini.

1.Cokelat membantu memecahkan matematika.
Sebuah senyawa dalam cokelat yang disebut flavonol dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Sebuah studi 2009 menunjukkan bahwa peserta yang mengkonsumsi cokelat dengan kandunga flavonol menghitung mundur tiga kali lebih cepat daripada mereka yang tidak mengkonsumsi cokelat.

2.Cokelat mengurangi nafsu makan.
Para peneliti dari Denmark menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi cokelat hitam sebelum makan akan memperoleh kalori 15 persen lebih sedikit. Selain itu mereka tidak tergoda untuk mengkonsumsi makanan berlemak dibanding dengan mereka yang tidak makan cokelat.

3.Cokelat meningkatkan mood.
Cokelat mengandung phenethylamine, yang memicu pelepasan endorfin. Efeknya mirip ketika kita tengah jatuh cinta. Bahkan para penelii di Inggris menemukan pasangan yang mengkonsumsi cokelat akan mendapatkan kesenangan dua kali lipat ketika berciuman.

4.Cokelat dapat mengusir stres.
Ada alasan biologis mengapa cokelat adalah hal pertama yang kita pikirkan saat stres melanda. Penelitian menunjukkan bahwa cokelat mengandung senyawa anandamide, yang mengaktifkan reseptor otak dengan cara kera yang sama seperti ketika tengah menikmati ganja. Tidak heran, jika sepotong cokelat dapat langsung mengubah mood seseorang.

5.Cokelat memperpanjang harapan hidup.
Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari British Medical Journal menemukan bahwa mengkonsumsi cokelat dan permen minimal satu kali dalam sebulan dapat memperpanjang usia hingga satu tahun.(IAN/Medicmagic)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment