Kolam Renang Selaras dengan Fungsi

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Kolam Renang Selaras dengan Fungsi
Sep 16th 2011, 02:49

Lifestyle » Griya » Kolam Renang Selaras dengan Fungsi
Jum'at, 16 September 2011 - 09:49 wib

Kolam renang selaras dengan fungsi (Foto: Getty Images)
Kolam renang selaras dengan fungsi (Foto: Getty Images)

KOLAM renang menjadi salah satu pelengkap sebuah hunian. Saat mendesainnya, Anda harus seksama dan cermat, terutama soal fungsinya, apakah hanya untuk sarana olahraga atau sebagai tempat rekreasi dan pesta.

Kolam renang kini tidak hanya dijadikan lokasi bersantai dan bercengkerama bersama keluarga. Tempat ini bisa disulap menjadi area hiburan mewah, relaksasi, dan kegiatan rutin kebugaran di halaman belakang yang terlihat seperti resor kelas atas. Desain kolam renang dewasa ini pun tidak dibuat seperti zaman dulu yang sekilas tampak kuno.

Anda pasti tahu bentuk kolam renang bernuansa biru berbentuk persegi panjang yang sangat dalam dan ada papan luncurnya? Dalam beberapa lama, kolam renang seperti itu seperti lambang keberhasilan kaum urban dan menjadi pengalaman klasik untuk anak-anak.

Dalam beberapa tahun terakhir, kolam renang dengan bentuk seperti itu sudah jarang dibuat dan akhirnya menghilang begitu saja, karena menyelam sekarang dianggap membahayakan dan hampir tidak ada yang benar-benar meluncur dari papan tersebut. Sementara itu, kolam renang model baru yang tengah tren lebih banyak memperhatikan tampilan.

Bentuk desainnya lebih bebas dan kreatif. Banyak pemilik rumah yang menyukai kolam renang yang terlihat laksana danau di pinggir laut nan alami atau kolam dengan air terjun yang dihiasi gua-gua buatan atau celah tersembunyi di balik air terjun. Juga mesti ada tambahan kolam kecil yang bersebelahan, yang dapat dijadikan kolam spa.

Papan luncur telah lama digantikan oleh pijakan kaki yang dibangun di sisi kolam renang. Selain itu, kolam bisa dipercantik dengan lampu bawah air warna-warni, juga air mancur yang memuncratkan air dari dalam kolam. Ingat bahwa membangun kolam renang dan spa hanyalah sebuah awal.

Semua elemen tambahan –seperti lansekap, teras, atau dek, dapur luar ruangan, perabotan luar ruangan, dan sebagainya– bisa menelan biaya sebanyak dua atau tiga kali lipat untuk memperindah kolam Anda. Nancy Bona dari Henry Bona Pools & Spas di Kenvil, New Jersey, mengatakan bahwa daya tarik kolam renang akan terus meningkat.

"Air terlihat dan terasa indah," kata dia, seperti dikutip laman NJ Savvy Living.

Pemilik rumah tampaknya setuju dengan pernyataan ini. Bahkan, meskipun banyak properti telah kehilangan nilai, pembangunan kolam renang yang dikerjakan secara serius masih mendapatkan tempat di hati.

Menurut data Association of Pool and Spa Professional, kolam renang kelas atas dengan biaya mulai USD75.000 atau sekitar Rp637,5 juta menyumbang sekitar 40 persen dari pasar kolam renang pada 2006.

"Sering kali kolam renang yang menakjubkan adalah cara bagi pemilik rumah untuk menempatkan huniannya di segmen kelas atas dari pasar real estate," ungkap John Melia dari Benchmark Pool di Bayville, New Jersey.

"Kami juga memperhatikan bahwa banyak kontraktor kolam renang sekarang memasukkan pembangunan kolam renang dan spa sebagai insentif. Ini adalah cara bagi mereka untuk lebih maju dalam kompetisi. Jika saya belanja untuk rumah dan saya melihat dua rumah dengan harga sama satu sama lain, tapi salah satunya memiliki kolam renang, saya pasti akan mengambil rumah dengan kolam renang," kata Mark Borst dari Borst Landscape & Design di Allendale, New Jersey.

Namun, sejumlah desainer interior dan kontraktor mengemukakan bahwa meskipun kecenderungan orang untuk mendekorasi rumah dengan fitur-fitur yang mewah sangat nyata, pembangunan kolam renang yang indah tidak hanya untuk meningkatkan nilai properti.

"Ini juga terkait dengan kesenangan," kata Melia.

"Kolam renang adalah tempat yang baik bagi keluarga untuk menyatu. Anak-anak menyukainya. Jadi tempat pertemuan orangtua, kakek-nenek, dan teman-teman," sebutnya.

Lalu, dari mana memulai pembangunan kolam renang? Seperti biasa, saat merancang sesuatu yang besar, perlu perencanaan yang matang sebelum menjalankannya, terutama penentuan lokasi kolam renang. Tapi ini adalah pekerjaan rumah yang menyenangkan.Ini mungkin akan membuka mata Anda ke daerah halaman belakang yang kemungkinan tidak pernah terjadi pada Anda sebelumnya.

"Pertama, tentukan untuk apa Anda dan keluarga menggunakan kolam renang. Apakah itu untuk keluarga bersenang-senang, menghibur, area kebugaran dan berenang, atau hanya untuk relaksasi?," kata Bona.

Ambil contoh, kolam renang yang akan digunakan untuk berenang bolak-balik, bisa dibangun dengan bentuk persegi panjang. Sementara jika Anda ingin kolam renang sebagai sarana hiburan, bisa ditambahkan dengan sprinkler yang memuncratkan air tinggi ke udara, spa pendamping, atau pijakan kaki.

Untuk area bersenang-senang keluarga, kolam harus cukup besar untuk kegiatan yang disukai anak-anak, misalnya seluncuran, basket, atau bola voli. Sebuah kolam renang yang dimaksudkan hanya untuk relaksasi dapat didesain secara lebih sederhana.

(SINDO//nsa)
mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment