Tertawa Lepas Itu Sehat Lho!

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Tertawa Lepas Itu Sehat Lho!
Sep 16th 2011, 12:08

Lifestyle » Fit and Beauty » Tertawa Lepas Itu Sehat Lho!
Jum'at, 16 September 2011 - 19:08 wib

Lastri Marselina - Okezone

Tertawa lepas itu sehat. (Foto: Getty Images)
Tertawa lepas itu sehat. (Foto: Getty Images)

SELAMA ini, ahli kesehatan telah mengungkapkan bahwa tertawa membuat para pelakunya lebih sehat. Ternyata, para peneliti telah membuktikan bahwa tertawa adalah obat paling mujarab lawan rasa sakit. Apa pasal?

Sebuah studi yang dilakukan Oxford University menemukan, bahwa dengan tertawa tidak hanya membantu Anda merasa lebih baik, tapi juga membantu melawan rasa sakit. Tapi hanya tertawa lepas saja yang mampu meningkatkan hormon bahagia, endorfin.

Profesor Robin Dunbar, salah satu ahli biologi revolusioner Inggris, membandingkan antara responden yang menonton film komedi dengan film yang berdasarkan fakta. Kemudian dia menanyakan toleransi mereka terhadap penyakit.

Tes tersebut di antaranya berapa lama mereka mampu memegang botol wine yang baru keluar dari pendingin, dan menekuk lutut dengan punggung bersandar ke dinding. Hasilnya, mereka yang menonton komedi dan tertawa lebih sering memiliki toleransi lebih tinggi terhadap penyakit. Demikian seperti disitat Dailymail, Jumat (16/9/2011).

"Tertawa secara fisik dapat melelahkan, dan apapun yang merangsang produksi endorfin secara alami akan membantu merespon kendali akan rasa sakit," kata Robin.

Endorfin membantu tubuh terhubung satu sama lain, tertawa juga baik untuk jantung, karena mampu memperlancar aliran darah sama seperti kita berolahraga atau mengkonsumsi obat penurun kolesterol.

Dengan tertawa, seseorang juga bisa menurunkan bobot tubuhnya. Dalam satu jam, tertawa lepas dapat membantu turunkan kalori sama seperti melakukan angkat beban selama 30 menit.

Manfaat tertawa tidak hanya sampai di situ saja. Tertawa bisa menggerakkan setidaknya 15 otot wajah, maka tertawa membuat kulit lebih halus dan bercahaya. Tertawa juga membantu melawan penyakit, karena mampu meningkatkan sistem imun tubuh hingga 24 jam ke depan.

(nsa)
mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment