Manfaat Segelas Wine Bagi Perempuan

iklan
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Manfaat Segelas Wine Bagi Perempuan
Sep 11th 2011, 22:04

TEMPO Interaktif, Sebuah penelitian terbaru mengungkap wanita yang minum segelas anggur sehari memiliki efek positif bagi kesehatannya secara keseluruhan. Penelitian yang dilakukan Harvard School of Public Health tersebut menganalisa hampir 14 ribu wanita.

Peneliti menemukan wanita pada usia 58 tahun yang dilaporkan minum segelas minuman beralkohol perhari mempunyai kesempatan 20 persen masa tua yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi. Peneliti menjelaskan yang dimaksudkan hidup yang lebih baik adalah tidak punya penyakit berat, tidak memiliki keterbatasan fisik, pencernaan yang bagus dan secara keseluruhan memiliki kesehatan mental yang bagus.

"Jika Anda hanya fokus pada satu aspek kesehatan, itu sangat salah," ujar Dr. Qi Sun, ketua penelitian ini. "Apa yang kami lihat sangat komprehensif. Wanita yang minum segelas sehari, seperti satu kaleng bir, satu tenggak liquor atau satu gelas anggur, berhubungan dengan meningkatnya pencapaian masa tua yang sukses, dalam artian sehat secara keseluruhan."

Penelitian ini juga menemukan banyaknya konsumsi minuman selama seminggu juga mempengaruhi. Hubungan antara minum minuman beralkohol dengan kesehatan lebih bermanfaat pada wanita yang minum satu gelas selama 5 malam dalam seminggu, dibandingkan mereka yang minum beberapa kali dalam seminggu.

Menurut Dr. Sun dan koleganya dalam penemuan sebelumnya mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang cukup dikaitkan dengan penurunan beberapa risiko masalah kesehatan seiring bertambahnya umur, seperti stroke, diabetes dan penyakit jantung koroner. Alkohol bisa membantu tubuh menurunkan peradangan dan meminimalisir sensitivitas insulin. Seperti yang pernah dikatakan, anggur merah telah terbukti mampu meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

Jadi apakah ini berarti wanita yang tidak pernah minum minuman beralkohol harus mulai mengkonsumsi jika ingin sukses di masa tuanya? "Jangan, tidak boleh!" Ujar Dr. Sun. "Bagi wanita yang bukan peminum, kami tidak pernah menyarankan mereka minum untuk meningkatkan kesehatan. Tapi bagi wanita yang terbiasa dengan kebiasaan ini, mereka tidak harus berhenti."

HUFFINGTON POST | DEWI RETNO

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment