Pengidap Kelainan Jiwa Masih Terabaikan

iklan
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Pengidap Kelainan Jiwa Masih Terabaikan
Sep 12th 2011, 23:23

TEMPO Interaktif, Bukan perkara sulit untuk menemukan pengidap masalah kesehatan jiwa di sekitar kita. Dari yang cukup terawat oleh keluarganya hingga yang berkeliaran di jalan-jalan menjadi gelandangan.

Kekerapan terjadinya kasus gangguan jiwa di Indonesia saat ini memang cukup tinggi. Yaitu sebesar 11,6 persen untuk gangguan mental emosional di atas usia 15 tahun dan 0,46 persen untuk gangguan jiwa berat. Data ini didapat berdasarkan riset kesehatan dasar pada 2007.

Saat ini diperkirakan lebih dari 19 juta orang Indonesia yang berusia 15 tahun ke atas mengalami gangguan emosional, misalnya cemas dan depresi. Gangguan itu paling banyak dialami warga Jawa Barat. Jumlahnya mencapai 20 persen.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat sekitar 450 juta orang di seluruh dunia mengalami gangguan jiwa. Kasus terbanyak 150 juta orang karena depresi dan 90 juta orang dengan gangguan penggunaan alkohol, obat-obatan, serta Napza (narkotik, psikotropika, dan zat aditif).

Albert Maramis, dokter spesialis kesehatan jiwa dari WHO, mengatakan pemerintah belum punya sarana pemulihan untuk menanggulangi pasien ketergantungan alkohol. "Anggaran kesehatan jiwa di kementerian cuma 1 persen," kata Albert.

Gangguan jiwa, menurut The World Health Report 2001, dialami kira-kira oleh 25 persen dari seluruh penduduk pada suatu masa dalam hidupnya. Sementara itu, lebih dari 40 persen didiagnosis secara kurang tepat, sehingga menghabiskan biaya untuk pemeriksaan laboratorium dan pengobatan yang tidak tepat.

Masalah kesehatan jiwa di masyarakat sedemikian luas dan kompleks, saling berhubungan dengan segala aspek kehidupan manusia. Menimbulkan tingkat stres yang tinggi, kecemasan konflik, ketergantungan terhadap Napza, serta perilaku seksual yang menyimpang.

Sementara itu, ternyata jumlah psikiater di Indonesia masih sangat kurang. Saat ini jumlahnya baru 600 dokter. Kebutuhan idealnya mencapai 8.000 orang.

Menurut Kepala Subdit Bina Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan Suyatmi, di Bandung, idealnya di antara 30 ribu orang dalam suatu populasi terdapat seorang psikiater. "Saat ini rata-rata satu psikiater menangani 240 ribu orang," ujarnya saat pertemuan dengan media massa tentang kesehatan jiwa beberapa waktu lalu.

Untuk menambah kekurangan itu, Kementerian Kesehatan kini telah membuka delapan pusat pendidikan yang mencetak tenaga psikiater. Selain itu, dokter-dokter pusat kesehatan masyarakat dilatih psikiater rumah sakit pusat daerah untuk mendeteksi dini kesehatan jiwa masyarakat.

Depresi menjadi faktor penyebab terbanyak kasus bunuh diri. Khusus di kalangan anak-anak, angka kasus tersebut paling banyak terjadi di daerah Gunungkidul dan Bali. "Umumnya disebabkan oleh kemiskinan," kata Suyatmi. Adapun gangguan jiwa berat, berdasarkan riset kesehatan dasar 2007, sekurangnya mencapai satu juta warga.

Menurut Albert, masyarakat masih kurang memahami gejala gangguan jiwa, misalnya depresi, cemas, hingga gangguan neurotik. Di sisi lain, upaya pemerintah juga belum banyak untuk menyehatkan jiwa warganya. "Kesenjangan pengobatan gangguan jiwa di Indonesia masih lebih dari 90 persen," ujarnya.

Sekitar 30 persen dari seluruh penderita yang dilayani dokter di pelayanan kesehatan primer, misalnya puskesmas, adalah pengidap gangguan jiwa.

Menjelang Lebaran yang lalu, tingkat hunian Rumah Sakit Khusus Jiwa dan Penyalahgunaan Narkoba Duren Sawit meningkat. Pasalnya, banyak keluarga pasien tidak mau terganggu aktivitasnya.

Direktur Utama RS Duren Sawit Joni H. Ismoyo, di kantornya, mengatakan pasien titipan biasanya dari keluarga terpandang. Usianya berkisar 40 tahun. Pasien ini, kata dia, dikhawatirkan kumat saat keluarga merayakan Lebaran. "Takut kumat dan mengamuk."

Menurut Joni, setiap mendekati Lebaran, situasinya selalu seperti ini. "Banyak yang tidak nyaman dan malu jika keluarganya terganggu jiwanya," tuturnya.

Sebagai antisipasi, pihaknya akan selektif menerima pasien gangguan jiwa. Kalau tidak layak menjalani rawat inap, rumah sakit akan menolak pasien itu.

Ledakan jumlah pengidap masalah jiwa ini juga tak semata terjadi di Indonesia. Di Eropa tercatat tak kurang dari 165 juta atau 38 persen populasi di Eropa mengalami gangguan mental dan neurologis setiap tahun.

Berdasarkan sebuah penelitian besar yang baru, gangguan otak yang terjadi yaitu depresi, insomnia atau demensia, dan kecemasan. Hal ini menyebabkan beban ekonomi dan sosial dalam ukuran besar (hingga ratusan miliar euro).

Pengidapnya pun menjadi sangat menderita untuk bekerja dan hubungan pribadinya rusak. Ironisnya, hanya sepertiga kasus yang menerima terapi atau pengobatan yang diperlukan.

Hans-Ulrich Wittchen, Direktur Lembaga Psikologi Klinis dan Psikoterapi di Universitas Dresden, Jerman, serta peneliti utama di studi Eropa, memimpin penelitian selama tiga tahun di 30 negara Eropa dan Skandinavia dengan populasi sebanyak 514 juta orang.

Dia dan timnya melihat 100 penyakit yang mencakup semua gangguan otak, dari kecemasan, depresi untuk skizofrenia, kecanduan, serta gangguan neurologis utama, seperti epilepsi, parkinson, dan multiple sclerosis.

Hasil penelitian itu diterbitkan pada European College of Neuropsychopharmacology. Dia menambahkan, penyakit mental merupakan penyebab utama kematian dan kecacatan serta menjadi beban ekonomi. WHO memperkirakan pada 2020 depresi akan menjadi penyumbang utama kedua beban penyakit global di semua usia.

ANWAR SISWADI | HERU TRIYONO | DIAN YULIASTUTI

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment