Kafein Ampuh Cegah Kanker Kulit

iklan
VIVAnews - KOSMO
VIVAnews - KOSMO
Kafein Ampuh Cegah Kanker Kulit
Oct 6th 2011, 08:41

Kamis, 6 Oktober 2011, 15:41 WIB

Anda Nurlaila, Febry Abbdinnah

VIVAnews - Kafein lazim ditambahkan pada krim tubuh untuk mengurangi selulit. Kini, ada manfaat lain dari bahan yang banyak terdapat pada tanaman kopi. Tabir surya dengan tambahan kafein terbukti lebih andal melindungi kulit terhadap kanker kulit.

Kesimpulan ini diperoleh para ilmuwan dari Universitas  Rutgers, Amerika Serikat. Penelitian menunjukkan, kafein memiliki senyawa kimia yang bila diterapkan dalam kulit dapat menyerap radiasi ultraviolet. Ini adalah upaya preventif atas perkembangan tumor.

Percobaan juga dilakukan pada tikus di laboratorium. Peneliti memodifikasi genetik hewan pengerat tersebut dengan mengurangi enzim ATR dalam tubuhnya. Zat ini biasanya melindungi sel yang rusak, yang dapat menjadi kanker bila terpapar sinar matahari. Pemberian kafein terbukti menghambat aksi enzim ATR.

Setelah itu, tikus sengaja dipapar radiasi ultraviolet. Ternyata tikus dengan jumlah enzim ATR yang dikurangi, mengembangkan kanker kulit tiga minggu lebih lama daripada tikus yang tidak mengalami modifikasi.

Seperti dimuat dalam Genius Beauty, selama 19 minggu percobaan, tikus rekayasa genetika memiliki tumor kulit 69 persen lebih sedikit daripada tikus biasa. (eh)

• VIVAnews

Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

' ); $.ajax({ type: "POST", url: "/comment/load/", data: "valIndex=" + a + "&articleId=" + b + "&defaultValue=" + c, success: function(msg){ $("#loadkomen").html(msg); //$(".balasan").hide(); } }) }

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment