Manfaatkan Televisi sebagai Media Edukasi Anak

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Manfaatkan Televisi sebagai Media Edukasi Anak
Oct 7th 2011, 08:28

Lifestyle » Info Produk » Manfaatkan Televisi sebagai Media Edukasi Anak
Jum'at, 7 Oktober 2011 - 15:28 wib

Dwi Indah Nurcahyani - Okezone

Manfaatkan televisi sebagai media edukasi anak. (Foto: Indah)
Manfaatkan televisi sebagai media edukasi anak. (Foto: Indah)

SELAIN buku bacaan, internet, dan pembelajaran di sekolah, televisi dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang baik. Kuncinya, selektif memilih program dan tetap mendampingi si kecil saat menonton acara televisi.

Menyaksikan televisi mungkin saat ini menjadi kebutuhan bagi banyak orang, baik dewasa maupun anak-anak. Setiap hari, mungkin lebih dari empat jam waktu dilalui untuk menonton televisi.

Televisi ibarat jendela dunia yang dapat menambah cakrawala seseorang tentang banyak hal. Berbagai program yang tersedia dapat menjadi wahana efektif untuk menumbuhkan wawasan sekaligus kreativitas anak.

Kehadiran program-program edukatif yang diberikan televisi berlangganan memang banyak dimanfaatkan banyak orangtua untuk memperkaya pengetahuan buah hatinya, sekaligus ajang hiburan.

Jika selama ini Anda membiarkan anak-anak menonton televisi, kenapa tidak menjadikan hal tersebut sebagai bagian dari pembelajaran bagi si kecil?

"Banyak orangtua acuh dan tidak peduli terhadap pendidikan anak, terutama ketika mereka bekerja. Selama ini buku pelajaran atau buku bacaan lainnya menjadi mediator membuat anak pandai dan berwawasan. Padahal dengan televisi pun kita dapat memanfaatkannya sebagai sarana pembelajaran," kata Ari Kartika SSi MSi, GM Marketing Partnership & Communication Kidzania dalam "Interactive Talkshow dan Coaching Clinic Indovision" di Kidzania Pacific Place Mall, Jakarta, Jumat (7/10/2011).

Berbagai saluran televisi yang edukatif dapat membantu literatur anak saat belajar banyak hal.

"Dari 102 channel di Indovision, 20 saluran di antaranya ditujukan khusus untuk hiburan dan pendidikan anak," papar Asri Winnie I Sularto selaku Marketing Product & PR Manager Marketing Division PT MNC Sky Vision di kesempatan yang sama.

Dalam siaran televisi berlangganan, anak-anak bisa menonton program sesuai dengan usia tumbuh kembang mereka.

"Untuk batita, misalnya, mereka bisa menonton Baby TV di mana programnya sudah di-'setting' sedemikian rupa untuk menstimulasi perkembangan anak bayi. Ada pula Cbeebies, Disney Junior, Jim Jam, hingga saluran ilmu pengetahuan seperti BBC Knowledge, Animal Planet, dan sebagainya," tutupnya.

(nsa)
mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment