10 Wanita Papua Meninggal Akibat Kanker Serviks

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
10 Wanita Papua Meninggal Akibat Kanker Serviks
Nov 24th 2011, 07:14

SEDIKITNYA10 wanita di Papua ditemukan meninggal akibat penyakit kanker rahim atau kanker serviks yang tak lain pemicunya adalah virus human papiloma (HPP). Pencegahan dini tentu dibutuhkan.

"Lima di antaranya tewas akibat terkena kanker mulut rahim, satu terserang ovarium. Sisanya tewas akibat dua kasus baru," ungkap dr Mirwan Hakim, dokter spesialis kandungan dan kebidanan RSUD Dok II Jayapura, Papua, Kamis (24/11/2011).

Berdasarkan data yang dihimpun RSUD Dok II Jayapura, kata dr Mirwan, terdapat salah satu korban yang usinya relatif muda, yakni 23 tahun. "Padahal kanker serviks biasanya menyerang wanita di usia 45 tahun," lanjutnya.

Ia mengungkap, tiap satu jam, sebanyak satu orang di Indonesia tewas akibat kanker mulut rahim dan kanker leher rahim. Kanker ini biasanya dialami wanita dewasa akibat terserang 100 jenis virus yang bisa ditularkan dari hasil berhubungan seks juga disebabkan keputihan berlebihan.

Meski begitu, lanjut dr Mirwan, penyakit yang terdapat pada mulut rahim wanita ini dapat dicegah atau diminimalisir dengan melakukan pencegahan sedini mungkin bagi anak usia dini atau usia sekolah. (ftr)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment