Sudahkah Anda Mengelola Waktu dengan Baik?

iklan
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
Sudahkah Anda Mengelola Waktu dengan Baik?
Nov 25th 2011, 03:46

Karir

25 November 2011 | 08:04 wib

Share :Facebook Twitter
image

PEKERJAAN di kantor mengalami masalah, Anda kelimpungan, mana yang harus diselesaikan terlebih dulu saat menatap outstanding menumpuk di meja kerja. Membawa pulang pekerjaan ke rumah atau lembur hingga larut malam pun akhirnya menjadi pilihan.

Ya, pada titik tertentu, mungkin kita semua pernah mengalami hal tersebut di atas. Perencanaan dan pengelolaan waktu yang tepat, nyatanya memang sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan semua tugas. Itulah ciri seorang profesional.

Lalu, sudahkah Anda mengelola waktu dengan baik? Jika belum, simak berikut ini panduan tepat mengelola waktu secara bijak, seperti dilansir dari situs ehow.

1. Berhenti melompat-lompat

Anda boleh saja bangga karena dinilai rekan-rekan kerja sebagai "si multitasking". Namun, bakat multitasking (dapat mengerjakan beberapa tugas dalam waktu bersamaan, red) juga membutuhkan strategi yang benar.

Multitasking yang dilakukan tidak benar justru malah meninggalkan banyak tugas di belakang. Itu karena Anda tidak tahu tugas mana yang lebih dulu diprioritaskan untuk diselesaikan.

Berhentilah melompat-lompat dari satu tugas ke tugas yang lain, sementara tugas tersebut belum Anda selesaikan. Ingatlah, saat mengawali hari bekerja, tuliskan tugas utama hari itu, dan patuhi daftar tersebut.

2. Membagi tugas

Inilah cara efektif untuk memvisualisasikan cara Anda menyelesaikan tugas. Membagi tugas Anda ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil memberi kemudahan untuk menentukan mana yang lebih dulu diprioritaskan dan fokus untuk menyelesaikannya. Saat Anda telah fokus pada bagian-bagian terkecil itu, maka Anda akan mudah mencapai hasil akhirnya secara keseluruhan.

3. Jangan menunda-nunda

Menunda-nunda sesuatu adalah hal yang sia-sia, karena waktu tidak akan pernah kembali. Bersikaplah disiplin pada diri Anda.

Jika memang harus menyelesaikan sebuah proyek, cobalah membagi tugas besar itu menjadi bagian-bagian kecil (mengacu poin kedua). Beri tenggat waktu bagi Anda menyelesaikan setiap tahapan tugas tersebut, dan jangan pernah tergoda menunda-nunda menyelesaikannya.

4. Evaluasi Diri

Luangkan waktu untuk mengevaluasi diri. Anda akan mampu mengidentifikasi apa yang sudah Anda raih atau yang belum. Sebuah evaluasi diri membuat Anda lebih efisien dalam hal mengolah waktu. Tidak akan ada waktu yang terbuang percuma. Percayalah, hal ini akan membantu Anda menyelesaikan tugas-tugas di masa depan.

(maya/CN19)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

Bookmark and Share

Baca Komentar | Kirim Komentar

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment