Hadapi Rengekan Anak Minta Beli HP

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Hadapi Rengekan Anak Minta Beli HP
Nov 26th 2011, 05:09

MOMS, jika anak tetap merengek untuk dibelikan telepon genggam (HP). Simak saran dari psikolog Universitas Indonesia, Dr Tjut Rifameutia MA.  
Media komunikasi
 
Moms perlu menjelaskan mengenai fungsi utama HP yaitu sebagai sarana berkomunikasi, khususnya dalam situasi mendesak. Moms perlu mengingatkan kembali mengenai tugas utama dan skala prioritas anak. Oleh karena itu, ada baiknya Moms memberikan kepada anak HP yang sederhana saja, yaitu untuk sarana komunikasi yang hanya bisa digunakan menelepon dan SMS saja. Bila perlu jelaskan pula kepada anak mengapa Moms memberikannya HP yang sederhana.
 
Ingat, berikan alasan yang masuk akal bagi anak. Misal, karena zaman sekarang keamanan di jalan sudah semakin kurang atau dengan maraknya kejahatan yang terjadi di jalan, maka si kecil hanya diberikan HP yang sederhana. Yang penting ponsel tersebut bisa digunakan untuk telepon atau SMS.
 
Dan bila memang (harus) terpaksa membawa HP ke sekolah – pihak sekolah mengizinkan – hendaknya bunyi dering HP dimatikan atau diubah menjadi getar saat proses belajar-mengajar berlangsung.
 
Berlakukan Aturan
 
Bila telah memutuskan memberikan HP pada anak, tetapkan aturan atau batasan-batasan dalam penggunaannya. Misal HP hanya boleh aktif di bawah jam 8 malam, sehingga anak tidak menggunakan HP untuk mengobrol dengan temannya sampai larut malam. Bisa juga Moms menyimpannya pada malam hari dan memberikan kepada anak kembali pada keesokan harinya.
 
Tanamkan Rasa Tanggung Jawab
 
Untuk menanamkan rasa tanggung jawab terhadap pemakaian pulsa HP, sebaiknya Moms memberikan nomor pra bayar dan menjatah pulsa per bulannya agar anak dapat menghemat pemakaian serta lebih bijak mengatur penggunaan pulsa yang tersisa.
Berikan juga syarat kepada anak untuk menjaga prestasi di sekolah agar tidak menurun karena membawa HP. Buatlah perjanjian bahwa Moms berhak mengambil handphone-nya sewaktu-waktu bila ia melanggar peraturan yang diberikan. (Sumber: Mom & Kiddie)
(tty)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment