5 Momen Istimewa "Royal Wedding" 2011

iklan
KOMPASfemale
KOMPASfemale
5 Momen Istimewa "Royal Wedding" 2011
Dec 29th 2011, 09:44

KOMPAS.com - Momen pernikahan orang-orang penting di seluruh dunia selalu menarik untuk diikuti. Bisa dibilang sepanjang 2011 menjadi momen istimewa dengan pernikahan bersejarah. Ada sekitar lima perhelatan pernikahan besar atau yang bisa disebut sebagai Royal wedding yang menarik perhatian dunia di tahun ini. Pernikahan akbar ini bukan sekadar pesta, namun juga peleburan tradisi dan budaya. Seperti Pangeran William yang menikahi Kate, perempuan dari kalangan menengah. Juga perpaduan tradisi budaya di pernikahan Ibas-Aliya.

1. Pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton.
Pernikahan di kerajaan Inggris ini sempat diagung-agungkan sebagai pernikahan terbesar abad ini. Yang menarik dari pernikahan ini adalah, putra mahkota Inggris ini seperti mengulang kisah cinta pangeran Charles yang menikahi rakyat biasa. Namun dibanding dengan putri Diana, Kate memiliki latar belakang dari keluarga kelas menengah bukan aristokrat.

Dalam pernikahan agung ini, publik dibuat penasaran dengan gaun pengantin yang akan digunakan oleh sang pengantin perempuan. Rahasia gaun pengantin Kate pun akhirnya terkuak saat pernikahan yang berlangsung pada 29 April 2011. Sebuah gaun putih panjang yang sederhana dan simpel dikenakan Kate saat mengikat janji setia dengan Pangeran William. Gaun Kate merupakan rancangan desainer Sarah Burton dari rumah mode Alexander McQueen.

Meski kabar adanya keterlibatan Sarah dalam pembuatan baju pengantin ini sudah diprediksi, namun sang desainer tetap tak bergeming menanggapinya hingga hari pernikahan tiba. Sarah sendiri mengaku bahwa Kate memberikan "sumbangan" pemikiran dan ide untuk merancang gaun ini. Gaun pengantin Kate ini memiliki desain yang relatif klasik dengan sedikit sentuhan era 1950-an. Gaun ini memiliki lengan panjang yang terbuat dari renda dengan korset satin warna gading.

Bagian roknya terbuat dari satin yang menyerupai bunga mekar dengan aksen lengkungan dan lipatan. Rok berbagan sutra putih ini dihiasi dengan ekor gaun berukuran 2,7 meter. Dan untuk melengkapi penampilan cantiknya, Kate menggunakan sebuah tiara Cartier yang dipinjamkan oleh Ratu Elizabeth II. Kate juga menggunakan selubung yang terbuat dari helaian tulle sutra warna gading lembut dengan tepian bungan sulaman tangan.  

2. Pernikahan Pangeran Albert dan Charlene Wittstock
Pangeran Albert II dari kerajaan Monako resmi menikahi kekasihnya Charlene Lynette Wittstock seorang mantan atlet renang Afrika Selatan. Pernikahan yang berlangsung pada tanggal 2 Juli 2011 ini disebut sebagai pernikahan terakbar di Monako. Pernikahan pangeran bungsu yang berusia 52 tahun ini ternyata menarik antusiasme masyarakat Monako untuk menyaksikan jalannya pernikahan pangeran Albert II ini. Dalam upacara pernikahan, Charlene menggunakan sebuah gaun pengantin berwarna putih dan terbuat dari kain sutra karya desainer Giorgio Armani Prive.  Sebagai ornamennya, dalam gaun pengantin ini dipasangkan sekitar 40 ribu kristal Swarovski yang indah. Sayangnya, pernikahan ini disinyalir hanyalah menjadi alasan untuk menutupi skandal seks sang pangeran yang sudah memiliki dua anak sebelum menikah.

3. Pernikahan Mike Tindall dan Zara Phillips (sepupu Pangeran William).
Setelah menggelar pernikahan pangeran William dan Kate Middleton, keluarga kerajaan Inggris kembali berbahagia dengan merayakan pesta pernikahan kedua yaitu pernikahan putri Zara Philips dengan Mike Tindall. Zara Phillips merupakan saudara sepupu dari pangeran William dan Harry. Pernikahan Zara dan Mike ni dilangsungkan di gereja Canongate Kirk, Edinburgh, Skotlandia, pada tanggal 30 Juli 2011 lalu. Namun pernikahan ini diadakan secara tertutup untuk segilintir kalangan dan tak semegah pesta pernikahan William-Kate.

Zara merupakan seorang atlet berkuda sekaligus juara dunia, sedangkan Mike Tindall dikenal sebagai kapten tim rugby Inggris. Zara yang merupakan anak perempuan dari Putri Anne ini tampil cantik dengan menggunakan gaun pengantin rancangan Stewart Parvin. Zara mengenakan sebuah gaun pengantin berwarna gading yang sederhana. Sebuah mahkota dan cadar berwarna senada semakin membuat Zara terlihat mempesona.

4. Pernikahan GKR Bendara dan KPH Yudanegara.
Kali ini berita Royal Wedding datang dari Indonesia. Putri bungsu Sultan Hamengku Buwono X, GKR Bendara menikah dengan Achmad Ubaidillah atau KPH Yudanegara. Pernikahan ini berlangsung pada tanggal 18 Oktober 2011 lalu di Kepatihan. Uniknya, pada pernikahan keraton Yogyakarta ini melibatkan sekitar 18 perias yang terdiri dari 14 perias perempuan, dan 4 orang perias pria. Sedangkan untuk perias pengantin diserahkan kepada Tienuk Riefki. Dalam acara pernikahan ini penuh dengan berbagai seremoni tradisi adat Yogyakarta yang kental. Perhelatan ini sendiri dilaksanakan selama empat hari.

Rangkaian upacara ini dimulai dari upacara pelangkahan dan Mhabekten di Keraton Kilen, kemudian dilanjutkan dengan upacara siraman di Ksatrian, malam Midodareni di Bangsal Sekar Kedaton, dan pada tanggal 18 Oktober, dilakukan ijab kabul dan dilanjutkan dengan upacara panggih, upacara tampa kaya, upacara dahar Klimah, dan kirab. Untuk merayakan pernikahan ini, seluruh warga masyarakat Keraton pun diajak turut berpesta bersama dan merayakan kebahagiaan pengantin ini dengan cara berkumpul di Malioboro dan menikmati makan di angkringan nasi kucing yang sudah disediakan oleh pihak Keraton secara gratis.

5. Pernikahan Edhie Baskoro Yudhoyono dan Siti Ruby Aliya Rajasa.
Pernikahan akbar yang terjadi di Indonesia di tahun 2011 ini adalah pernikahan putra bungsu presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono dengan Siti Ruby Aliya Rajasa. Selain menjadi pernikahan akbar di Indonesia, pernikahan ini juga kental dengan perpaduan dua budaya Jawa dan Palembang. Akad nikah yang dilaksanakan di Instana Cipanas ini dilangsungkan dengan menggunakan adat Palembang, Sumatera Selatan. Sementara resepsi pernikahan yang berlangsung tanggal 26 November 2011 lalu di Jakarta Convention Center ini digelar dengan adat Yogyakarta.

Dalam acara resepsi, pasangan pengantin ini tampil dengan balutan busana adat jawa berwarna merah marun. Dan Aliya pun tampil dengan riasan paes ageng oleh Tienuk Riefki. Sedangkan Ibas menggunakan sorjan Yogyakarta dengan detai manik-manik berwarna emas di bagian dada. Kebaya pengantin yang indah ini disinyalir merupakan karya desainer Biyan Wanaatmadja. Namun, hingga usai perhelatan, Biyan tetap bungkam tak bergeming memberikan konfirmasi kebenarannya. Keterlibatan Biyan merancang kebaya pengantin Aliya, dibenarkan oleh perias pengantin Tienuk Riefki.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment