Agar Anak Hidup Hemat

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Agar Anak Hidup Hemat
Dec 30th 2011, 03:07

MEMBIASAKAN anak gemar menabung bisa dilakukan dari sekarang. Kelak, anak bisa menjalani hidup hemat dengan baik.  
Berikut ini tip yang bisa dilakukan orangtua untuk mengajari anak hidup hemat.


Beri contoh
 
Beri contoh secara konsisten dalam tindakan Anda sehari-hari yang menghargai uang dan tidak boros. Anak lebih mudah menyerap pelajaran melalui contoh ketimbang nasihat.

Ajarkan membuat prioritas
 
Anak perlu diajar untuk membelanjakan uang saku menurut prioritasnya. Apa sih prioritas dalam penggunaan uang saku? Jelas, untuk membayar transportasi, dan makan selama di sekolah. Buku (di luar buku sekolah) dan mainan bisa menyusul.

Beri tahu anak bedanya "butuh" dan "ingin"
 
Coba juga mengajarkan anak agar dia bisa membedakan mana barangbarang yang benar-benar dia butuhkan untuk dibeli terlebih dahulu dan mana barang-barang yang sebetulnya hanya diinginkan sehingga bisa ditunda kalau memang belum terlalu penting.

Uang saku tidak selalu harus dihabiskan
 
Kasih tahu kepada anak bahwa yang namanya uang saku tidak selalu harus dihabiskan. Ada saatnya uang saku harus ditabung. Pertama-tama, Anda bisa mengajarkan si anak untuk memakai celengan. Setelah jumlahnya agak banyak, uang itu bisa dipindahkan ke tabungan di bank.
 
Ajar anak mengatur penggunaan uang saku
 
Begitu usianya memadai, mulai berikan anak uang saku untuk jangka waktu tertentu dan ajarkan dia untuk mengaturnya sendiri. Katakan kepada anak, uang itu harus dia kelola dengan baik karena jika boros, maka tidak akan mendapat tambahan uang saku. Dengan begitu, pelan-pelan anak bisa mengatur pengeluarannya.

Ambil keputusan

Biasakan anak mengambil keputusan atas masalah keuangan sedini mungkin. Uang saku yang Anda berikan, diharapkan dapat mengajarkan anak mengelola uangnya dengan baik. Besarnya uang saku bergantung pada banyak hal, misalnya usia anak.

Buka rekening di bank
 
Beri anak motivasi untuk menyimpan uang. Bukakan rekening tabungan dan beri sejumlah uang untuk "modal" awal. Diskusikan dengan mereka untuk menetapkan suatu tujuan tertentu yang akan mereka penuhi dari hasil tabungan yang nilai nominalnya cukup besar.

Dorong anak kreatif dan hemat

Anak juga bisa didorong untuk kreatif mendapatkan uang atau menghemat pengeluaran mereka dengan misalnya, membuat sendiri mainannya, mendapatkan upah dengan mencuci mobil, atau menyewakan koleksi bukunya kepada teman-temannya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment