Jelang Akad, Ibas Jalani Prosesi Adat Komering

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Jelang Akad, Ibas Jalani Prosesi Adat Komering
Nov 24th 2011, 03:01

PROSESI pernikahan Edhie Baskoro Yudhoyono dan Siti Ruby Aliya Rajasa akan segera dilangsungkan. Rencananya pukul 10.00 WIB, kedua sejoli itu mengucap ikrar resmi sebagai suami istri.
 
Sebelum akad dilangsungkan, berbagai acara ritual adat Palembang (Komering) mengawali rangkaian prosesi akad nikah. Sebagai kegiatan awal, acara dimulai dengan persiapan barisan prosesi di mana rombongan calon pengantin pria berjalan menuju kediaman calon pengantin wanita dan berhenti di depan Kandang Adat. Prosesi ini diiringi dengan musik tradisional Komering, Tabuh Agung dengan irama keagungan.
 
Setelah itu, acara berlanjut kepada prosesi Kandang Adat yang dimulai dengan Tari (Ngigol) Silat. Dalam ritual ini, dua penari akan menari Tari Silat di depan Kandang Adat dengan diiringi musik tradisional Komering, Tabuh Cupek dengan irama cepat.
 
Setelah itu, Buka Kandang Adat menjadi ritual lanjutan di mana juru bicara (jubir) calon mempelai pria dan calon mempelai wanita maju ke dekat Kandang Adat dan saling berpantun untuk membuka Kandang Adat. Kandang Adat dibuka dengan melipat kain songket oleh ibu-ibu yang memegang kain tersebut.
 
Agenda selanjutnya adalah Cicip Sirih dan Tukar Tepak Sirih. Di sini, kedua juru bicara akan memberikan tepak sirihnya masing-masing kepada petugas yang akan mendekat dari samping, yaitu Hafidz dan Tevi. Kemudian jubir calon pengantin wanita membuka tepak sirih dan memersilahkan jubir calon pengantin pria mencicipi sirih dan sebaiknya dengan dialog berupa pantun. Setelah sirih dicicip, kedua jubir mengambil tepak sirih dari petugas dan saling bertukar tepak sirih kemudian bergeser ke samping.
 
Ritual berlanjut dengan acara penyerahan calon pengantin pria. Di sini, calon pengantin pria diapit Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan istri maju mendekati posisi Hatta Rajasa dan istri sampai jarak 1 meter, kemudian mereka saling memberikan salam hormat (dengan cara mendekapkan kedua tangan di dada). Setelah itu, calon pengantin pria maju ke depan dan disambut Hatta Rajasa dan istri sambil mengenakan kain songket di pundak calon pengantin pria dan kemudian dibimbing menuju meja akad nikah.
 
Usai semua rangkaian adat Palembang terlewati, prosesi akad nikah yang dimulai pukul 09.50 WIB pun segera dilangsungkan. Sebelumnya, acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Drs H Ahmad Muhajir dan sari tilawah oleh Hj. Lilih Rahmawati MAg. Dan tepat pukul 10.00 WIB, akad nikah yang diawali dengan khotbah nikah oleh Kepala KUA Cipanas, Drs Muhtar pun menjadi pemula prosesi sebelum ijab kabul dilantunkan Ibas.
(tty)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment