Telat Melahirkan, Berisiko Depresi

iklan
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Telat Melahirkan, Berisiko Depresi
Feb 23rd 2012, 06:47

Kamis, 23 Februari 2012 | 12:06 WIB

TEMPO.CO - Perempuan yang telat melahirkan anak rentan mengalami depresi dibanding perempuan yang melahirkan di usia muda. Penelitian yang menggunakan metode wawancara diagnostik standar ini telah dipresentasikan pada pertemuan tahunan Asosiasi Amerika untuk Kemajuan Ilmu Pengetahuan di Vancouver, Kanada, beberapa waktu lalu.

Penelitian dilakukan oleh Giulia Muraca-Muir, peneliti pada University of British Columbia di Vancouver, terhadap 7.936 ibu yang pernah melahirkan dalam jangka waktu lima tahun terakhir. Mereka diminta menceritakan pengalaman depresi yang pernah dialami dalam 12 bulan terakhir.

Hasilnya: "Perempuan yang berusia 40-44 tahun berpotensi mengalami depresi lima kali dibanding perempuan yang lebih muda. Jawaban mereka mencerminkan kecemasan yang lebih besar dibanding ibu yang lebih tua, baik terhadap risiko kesehatan maupun berdampak bagi karier dan pekerjaan," ujarnya.

Penelitian Giulia memiliki perbedaan dengan penelitian serupa yang dilakukan Catherine Mc Mohan, peneliti dari Macquarie University, Australia. Dalam penelitian tersebut tingkat penyakit depresi rentan dialami oleh perempuan berusia sekitar 37 pada empat bulan pertama usai persalinan.

Meski para perempuan yang lebih tua tergolong kaya dan pendidikan (faktor-faktor yang biasanya mengurangi risiko depresi), para perempuan itu tampaknya tidak bisa menutupi rasa cemas atas pengalaman saat hamil. "Dokter dan anggota keluarga harus memberikan dukungan lebih untuk kelompok wanita tersebut," ujar Giulia.

Menurut data kantor pusat statistik, jumlah bayi lahir dari perempuan berusia 40-44 tahun di Inggris dan Wales naik dari 9.220 pada 1990 menjadi 25.973 pada 2010. Adapun jumlah bayi yang lahir dari wanita berusia 35-39 tahun naik dari 51.905 menjadi 115.841 pada periode yang sama.

GUARDIAN | RIKY FERDIANTO

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment