Inilah Beberapa Jenis Makanan Pereda Marah

iklan
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
Inilah Beberapa Jenis Makanan Pereda Marah
Sep 14th 2011, 12:46

Herbal

14 September 2011 | 19:22 wib

Share :Facebook Twitter
image


ORANG yang lapar selalu mudah marah. Lapar dimulai dari perut yang keroncongan, mengalami rasa lemas kemudian kelelahan.

Kemarahan merupakan keadaan emosional yang disebabkan oleh keluhan atau suatu penderitaan. Marah karena orang lain atau karena ada sebuah peristiwa yang menyebabkan ketidakstabilan emosi.

Rasa lapar memang memicu amarah. Hal ini karena bila orang dibiarkan lapar dalam jangka waktu lama, maka kadar gula darah di dalam tubuhnya sangat terganggu. Akibatnya, pasokan glukosa (gula) yang mencapai otak menjadi berkurang.

Rendahnya kadar gula darah atau hipoglikemia inilah yang akan membuat amarah seseorang menjadi naik, sehingga mudah tersinggung dan marah. Gula darah rendah juga dapat disertai dengan kecemasan, kelelahan dan sakit kepala.

Bila tingkat serotonin dalam tubuh rendah juga dapat membuat orang mudah tersinggung dan marah. Serotonin adalah hormon yang berfungsi mengontrol suasana hati, nafsu makan dan tidur, juga merupakan hormon yang membuat orang merasa bahagia dan menghilangkan emosi negatif.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat meredakan marah:

1. Pisang

Pisang dapat membantu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh, hal tersebut karena pisang merupakan sumber triptofan.Pisang sebagai salah satu bahan makanan untuk sarapan dapat mencegah rasa lapar dan kelesuan sebelum makan siang.

2. Kacang almond

Almond mengandung amino triptofan, memiliki tingkat tertinggi asam amino. Ketika makan almond, triptofan masuk ke otak dengan cepat dan tingkat serotonin meningkat, sehingga bisa menjauhkan amarah.

3. Keju

Keju adalah sumber yang kaya protein, asam amino esensial triptofan dan karbohidrat. Dengan demikian, keju membantu meningkatkan mood dan menghilangkan sifat mudah tersinggung dan mudah marah.

4. Jus jeruk manis

Segelas jeruk manis juga bisa menjadi peredam amarah. Campuran gula dalam perasan jeruk membuat batas-batas kesabaran lebih longgar dari yang seharusnya, sehingga berguna untuk mengontrol temperamen dan emosi negatif lainnya.

*dikutip dari berbagai sumber

(tiko septianto/CN32)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

Bookmark and Share

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment