Paris Fashion Week 2010 Bertabur Desainer Muda

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Paris Fashion Week 2010 Bertabur Desainer Muda
Oct 2nd 2011, 04:02

Lifestyle » Trend and Fashion » Paris Fashion Week 2010 Bertabur Desainer Muda
Minggu, 2 Oktober 2011 - 11:02 wib

Yoshiyuke Miyamae/kanan (Foto: style)
Yoshiyuke Miyamae/kanan (Foto: style)

FOKUS perhatian para pencinta mode kini beralih ke Paris yang baru saja membuka tirai panggung modenya. Di Paris, isu utama berkisar antara debut desainer baru, maraknya kehadiran pelaku mode Asia, dan suksesor Galliano untuk Dior.

Salah satu desainer muda yang melakukan debut di Paris Fashion Week adalah Yoshiyuke Miyamae, yang baru bergabung dengan Issey Miyake menggantikan direktur kreatif sebelumnya, Dai Fujiwara, yang meninggalkan rumah mode asal Jepang tersebut pada Februari lalu.

Miyamae bukanlah sosok asing bagi label Issey Miyake. Sebelumnya, Miyamae merupakan bagian dari tim desain yang bekerja di bawah arahan Fujiwara. Presiden Issey Miyake Masakatsu Nagatani mengatakan, pihaknya sangat antusias dengan hadirnya Miyamae.

"Saya optimistis kehadiran Miyamae sebagai direktur kreatif lini busana wanita akan membawa embusan angin segar bagi label mode ini," ujar dia.

Debut desainer baru juga terjadi di rumah mode Balmain dan Kenzo. Di Balmain,Olivier Rousteing muncul menggantikan Christophe Decarnin yang lengser karena depresi dan kelelahan.

Sebelum bergabung dengan Balmain, Rousteing yang merupakan alumnus sekolah mode Esmod tersebut telah berpengalaman bekerja bersama Roberto Cavalli selama 5 tahun. Adapun di rumah mode Kenzo, duo desainer Amerika, Humberto Leon danCarol Lim, menggantikan Antonio Marras.

Kehadiran desainer baru di rumah mode besar memang selalu menimbulkan rasa penasaran. Jadi, tidak heran bila spekulasi mengenai siapa yang akan menggantikan John Galliano di rumah mode Dior semakin santer terdengar.

Terakhir, Marc Jacobs merupakan kandidat utama yang diberitakan sudah melakukan diskusi serius dengan pihak LVMH. Namun, di Paris, baru-baru ini berembus kabar bahwa desainer muda Amerika Alexander Wang juga masuk daftar spekulasi.

Desainer berdarah Taiwan tersebut dianggap bisa memberikan napas baru bagi Dior yang selama ini identik dengan gaya avant garde eksentrik Galliano. Galliano pada awal September lalu telah diputuskan bersalah oleh Pengadilan Negeri Paris dan harus membayar denda sebesar 6.000 euro atau setara dengan Rp70 juta.

Adapun dari Inggris, jurnalis mode kenamaan Collin McDowell menyatakan telah berkorespondensi dengan CEO Dior Sidney Toledano dan merekomendasikan desainer muda Inggris Erdem Moragliu untuk mengisi posisi tersebut.

Di luar spekulasi mengenai siapa suksesor Galliano, rumah mode Dior dijadwalkan tetap mempertunjukkan koleksi terbarunya minggu ini di bawah arahan Bill Gayten, yang ditunjuk sebagai direktur kreatif pengganti sejak Maret lalu, sepeninggal Galliano.

Selain debut desainer baru serta pengganti Galliano, Paris Fashion Week juga didominasi dengan kehadiran desainer Asia. Dari Indonesia, desainer muda Harry Halim menghadirkan gaya maskulin untuk koleksinya dengan menggunakan permainan bahan logam dengan hitam sebagai warna dominan. Gaya industrial terlihat kental di koleksi desainer yang menimba ilmu mode di Singapura ini.

Sementara, desainer asal Korea Selatan, Moon Young Hee, mengambil inspirasi dari gaya arsitektur bangunan gudang abad ke-19, yang dituangkannya dalam palet monokromatik. Young Hee juga mengombinasikan gaya tailoring khas Asia untuk menghadirkan siluet busana yang lebih clean dan lean. Young Hee yang sudah berdomisili di Paris selama dua dekade mengaku kerap bekerja dengan unsur geometris.

"Namun, untuk musim semi 2012, saya menghadirkan gaya yang lebih feminin sekaligus dramatis," kata Young Hee kepada AFP.

Duo desainer muda asal China, Ling Liu dan Dawei Sun,juga akan menghadirkan koleksi debutnya untuk rumah mode Chacarel. Debut desainer India Manish Arora untuk rumah mode Pacco Rabanne juga menjadi highlight Paris Fashion Week musim ini. Hal tersebut juga sekaligus menjadi pertunjukan kembali koleksi ready-to-wear Pacco Rabanne setelah hiatus selama lima tahun.

Paris Fashion Week setiap musimnya selalu menjadi pertunjukan penutup maraton mode selama 4 minggu antara New York, London, Milan, dan Paris. Musim ini Paris Fashion Week menghadirkan 92 catwalk show dengan barisan nama-nama besar di ranah fashion, mulai Yves Saint Laurent, Louis Vuitton, Chanel, hingga Dior.

(SINDO//ftr)
mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment