Awas, Sikat Gigi Menyamping Sebabkan Erosi Gusi

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Awas, Sikat Gigi Menyamping Sebabkan Erosi Gusi
Aug 18th 2011, 07:03

Lifestyle » Fit and Beauty » Awas, Sikat Gigi Menyamping Sebabkan Erosi Gusi
Kamis, 18 Agustus 2011 - 14:03 wib

Dwi Indah Nurcahyani - Okezone

Rajin sikat gigi (Foto: Google)
Rajin sikat gigi (Foto: Google)

APAKAH Anda sering merasakan gigi sensitif setelah menyikat gigi? Sebaiknya periksa kembali kebiasaan Anda menyikat gigi. Kemungkinan, cara Anda membersihkan gigi kurang tepat.

 
Meskipun menjadi bagian dari rutinitas yang dilakukan secara berulang-ulang, cara menyikat gigi yang dilakukan masyarakat masih tidak sempurna. Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan, yakni gerakan menyikat yang salah seperti gerakan menyamping. Padahal dengan gerakan yang tidak tepat justru membuat kerusakan pada gigi.
 
"Menyikat gigi dengan gerakan menyamping akan mengerosi gusi (dalam bahasa kedokteran disebut resesi gingiva)," ujar drg Andreas Gunawan selaku Medical Executive PT Kalbe Farma dalam obrolan dengan okezone di gedung PT Bintang Toedjoe, Pulomas, Jakarta, Rabu (18/8/2011).
 
Dipaparkan drg Andreas, dalam keadaan tersebut gusi bagian atas akan naik dan bagian bawah akan turun. Selain merusak gusi, efek ini pun juga mengganggu penampilan.
 
Secara jangka pendek, mungkin gejala ini tidak terlalu tampak. Namun ketika dilakukan secara berulang-ulang, maka akan membuahkan efek negatif pada gigi.
 
"Pada awalnya gigi yang semula tertutup gingiva lama-kelamaan jadi tidak terlindung lagi. Dan bagian gigi yang tertutup gingiva tersebut menjadi sensitif. Jadi dengan menyikat gigi menyamping akan menimbulkan resesi gingiva dan akhirnya menyebabkan masalah hipersensitivitas gigi," tukasnya.
(tty)
mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment