Waspadai penyakit ISPA selama lebaran

iklan
ANTARA News - Nasional - Kesehatan
ANTARA News - Nasional - Kesehatan
Waspadai penyakit ISPA selama lebaran
Aug 19th 2011, 05:44

Yogyakarta (ANTARA News) - Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta mengatakan, infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) menjadi penyakit yang perlu diwaspadai selama Lebaran.

"Saat Lebaran, masih masuk musim kemarau, sehingga dimungkinkan penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) masih akan banyak ditemui," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Tuty Setyowati di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, berdasarkan data dari 18 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Kota Yogyakarta, ISPA menduduki peringkat atas dalam 10 penyakit yang ditangani di puskesmas itu.

Ia juga mengatakan, persediaan berbagai jenis obat-obatan untuk penyakit yang masuk 10 besar di puskesmas sangat mencukupi sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Saat libur bersama Lebaran, terdapat tiga puskesmas di Kota Yogyakarta yang akan siaga selama 24 jam yaitu Puskesmas Mergangsan, Tegalrejo dan Jetis.

Ketiga puskesmas tersebut dapat memberikan pelayanan persalinan dan pelayanan gawat darurat lain.

Selain itu, terdapat lima puskesmas yang juga tetap buka pada Minggu dari pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB yaitu Puskesmas Mergangsan, Tegalrejo, Jetis, Umbulharjo I dan Gedongtengen.

"Kami juga mewajibkan puskesmas untuk tetap piket selama libur bersama lebaran sehingga masyarakat tetap dapat memperoleh pelayanan kesehatan dasar," katanya.

Puskesmas akan menerapkan cuti bersama mulai 29 Agustus hingga 2 September, sehingga pelayanan akan kembali normal pada 3 September. Selama piket, puskesmas akan beroperasi pada 08.00 WIB hingga 12.00 WIB.

"Semua unit gawat darurat (UGD) rumah sakit juga tetap buka selama 24 jam, namun untuk pelayanan poliklinik umum di rumah sakit tutup pada 30 dan 31 Agustus atau saat hari raya," demikian katanya. (E013)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment