Setiap Dekade Kematangan Seksual Pria Maju 2,5 Bulan  

iklan
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Setiap Dekade Kematangan Seksual Pria Maju 2,5 Bulan  
Aug 19th 2011, 07:25

Jum'at, 19 Agustus 2011 | 13:13 WIB

foto

afp file

TEMPO Interaktif, Jakarta - Ahli demografi dari Max Planck Institute di Jerman merilis penelitian menarik tentang kematangan seksual remaja pria di era digital. Hasilnya, remaja kini lebih cepat mencapai kematangan seksual dibanding generasi sebelumnya.

"Usia 18 tahun setara dengan kematangan seksual usia 22 pada abad 18," kata Joshua Goldstein dalam Livescience, 18 Agustus 2011. Artinya, kata Goldstein, setiap 10 tahun anak laki-laki mencapai kematangan seksual 2 bulan 15 hari lebih cepat dibanding remaja pada era 1700-an.

Penelitian ini didapatkan Goldstein menggunakan data kematian untuk memperkirakan puncak hormon testosteron. Belum diketahui pasti apa penyebabnya, tapi para peneliti menyimpulkan faktor nutrisi dan kelebihan lemak tubuh diduga kuat sebagai penyebab kematangan dini itu.

Adapun untuk gadis telah lama diketahui kematangan seksualnya lebih dini dengan ciri menstruasi atau perkembangan payudara. Tapi ada yang menarik yang belum bisa diterangkan secara ilmiah. Kematangan seksual pada gadis bisa dihambat jika mereka memiliki saudara laki-laki. "Masih misteri," demikian ditulis Livescience.

RUDY

Disclaimer : Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi Tempo Interaktif. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment