Nyalakan Ponsel Dekat Kepala Sebabkan Radiasi

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Nyalakan Ponsel Dekat Kepala Sebabkan Radiasi
Aug 19th 2011, 06:06

Lifestyle » Fit and Beauty » Nyalakan Ponsel Dekat Kepala Sebabkan Radiasi
Jum'at, 19 Agustus 2011 - 13:06 wib

Dwi Indah Nurcahyani - Okezone

Saat nyalakan telepon genggam (Foto: Corbis)
Saat nyalakan telepon genggam (Foto: Corbis)

BERHATI-HATILAH saat menggunakan ponsel Anda. Pasalnya, ancaman radiasi mengintai selama 24 jam, baik ketika digunakan ataupun tidak.

 
Keberadaan ponsel saat ini ibarat soulmate bagi siapapun. Lihat saja, kapanpun dan dimanapun seseorang berada, maka ponsel menjadi piranti wajib yang selalu dibawa. Padahal, radiasi yang dihasilkan ponsel bisa menggangu kesehatan tubuh.
 
Seorang ilmuwan terkemuka mengatakan, untuk menghindari paparan radiasi dari telepon, seseorang harus menjaga jarak dari tubuh sejauh mungkin.
 
Devra Lee Davis PhD MPH selaku President of the Environmental Health Trust memberikan saran dalam penelitian yang diterbitkannya mengenai dampak penggunaan ponsel dan inisiatif global dalam memajukan keamanan ponsel, seperti diulas Times of India.
 
Bahaya ponsel telah menggelitik kebijakan pencegahan di Prancis, Israel, Finlandia, dan India terkait dengan cara sederhana untuk meminimalkan risiko kesehatan yang berhubungan dengan paparan radiasi.
 
Davis membahas berbagai cara radiasi gelombang mikro yang dilepaskan ponsel yang aktif, baik digunakan atau tidak akan memengaruhi tubuh. Karenanya, direkomendasikan untuk mengoptimalkan penggunaan yang aman sebagai bentuk antisipasi.
 
Dalam artikel tersebut, dia mengeksplorasi risiko kesehatan dan kekhawatiran yang terkait dengan penggunaan ponsel, seperti kehadiran kanker otak dan viabilitas sperma, implikasi kesehatan jangka panjang bagi orang muda, dan demensia pada orang tua.
 
Seorang ilmuwan pemenang penghargaan, Davis lewat bukunya "Disconnect", baru-baru ini menjelaskan bahwa ponsel berdasarkan ilmu pengetahuan dan kesehatan diakui memiliki nilai praktis dan sosial. Namun, mereka memeringatkan bahwa penggunaan ponsel tersebut bukan berarti tanpa risiko kesehatan. Karenanya, mereka menyerukan kepada industri dan pemerintah untuk mengambil langkah yang diperlukan untuk membantu orang memahami dan meminimalkan risiko dari adanya radiasi akibat penggunaan ponsel tersebut.  
 
"Dalam menggunakan ponsel, jangan lupakan jarak antara ponsel dan diri Anda karena paparan radiasi akan secara dramatis memancar ke otak dan tubuh saat Anda menggunakannya," kata Davis.
 
"Jika Anda membaca peringatan yang ada di semua petunjuk pemakaian ponsel, maka jelas akan didapatkan informasi bahwa ponsel memang tidak boleh digunakan di sebelah otak atau tubuh, termasuk disimpan dalam saku," tambahnya.
(tty)
mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment