Kadar Testosteron Pria Anjlok Saat Jadi Ayah

iklan
Liputan6 Kesehatan
Liputan6 Kesehatan
Kadar Testosteron Pria Anjlok Saat Jadi Ayah
Sep 14th 2011, 01:45

Liputan6.com, Washington: Kadar testosteron yang tinggi cenderung membuat pria menemukan pasangannya lebih cepat dan memiliki anak. Namun kadar hormon seks pria ini bakal anjlok ketika seorang pria menjadi ayah. Dan jumlah akan semakin rendah bagi ayah yang paling setia.

Pada studi sebelumnya juga menunjukkan bahwa ayah memiliki kadar testosteron lebih rendah dibandingkan laki-laki pada usia yang sama yang belum mempunyai anak. Namun belum jelas apakah pria dengan testosteron rendah lebih mungkin untuk menjadi ayah atau jika ayah benar-benar menekan tingkat hormon seks pria.

Penelitian baru menunjukkan bahwa yang kemungkinan terakhir merupakan kasus.

Para peneliti mengatakan temuan ini menunjukkan bahwa tidak seperti kebanyakan mamalia lain. Manusia pria secara biologis terprogram untuk menjadi orangtua.

"Ide klasik adalah bahwa pria adalah pemburu dan penyedia sedangkan betina berevolusi untuk membesarkan anak-anak," kata antropolog dan asisten penulis penelitian dari Northwestern University, Christopher W. Kuzawa, PhD, kepada WebMD. "Saya pikir penelitian kami menunjukkan dengan jelas bahwa pria terikat dengan peran sebagai ayah."

Para peneliti mempelajari data hampir 500 pria muda Filipina yang diikuti selama hampir lima tahun. Mereka terdaftar dalam penelitian kesehatan dan gizi. Kadar testosteron mereka diukur pada awal dan akhir penelitian, Rabu (14/9).

Semua laki-laki lajang dan tidak memiliki anak ketika mereka terdaftar dalam studi. Tapi sekitar sepertiga dari waktu, responden ini masuk dalam hubungan yang stabil dan menjadi ayah.

Pengalaman menjadi ayah baru menurunkan kadar hormon seks lebih besar daripada penurunan yang terlihat pada pria dengan usia yang sama yang belum mempunyai anak selama penelitian periode.

Di antara ayah di dalam penelitian ini, mereka yang paling terlibat dalam perawatan anak-anak memiliki testosteron rendah dibandingkan mereka yang tidak begitu terlibat.

"Jadi ketika testosteron dapat membantu pria menemukan pasangan dan menghasilkan keturunan, hormon seks pria dengan tingkat tinggi mungkin tidak diperlukan dan bahkan mungkin merugikan untuk merawat anak," kata para peneliti.

"Sifat kebapakan dan tuntutan memiliki bayi yang baru lahir membutuhkan penyesuaian emosional, psikologis, dan penyesuaian fisik, dan penelitian kami menunjukkan bahwa biologis seorang pria bisa berubah untuk membantu memenuhi tuntutan-tuntutan," ujar antropolog dan peneliti utama Lee T. Gettler, mengatakan kepada WebMD.

Antropolog University of Nevada Peter B. Gray, PhD, yang juga mempelajari dampak menjadi ayah pada tingkat testosteron, mengatakan bahwa peran ayah dalam pengasuhan tampaknya menjadi ciri evolusi yang relatif baru.

"Jika Anda melihat kehidupan simpanse dan bonobo (juga dikenal sebagai simpanse kerdil), Anda melihat bahwa laki-laki tidak memiliki peran dalam pengasuhan anak," katanya. "Laki-laki A tidak mungkin tahu mana keturunannya".

Dia menambahkan bahwa penurunan testosteron dapat menguntungkan laki-laki dan keturunan mereka, selama waktu ketika tingkat tinggi tidak diperlukan untuk menemukan pasangan dan reproduksi

Tingginya testosteron dikaitkan dengan agresi, serta peningkatan kemungkinan risiko prostat dan kanker testis, stroke, penyakit jantung, dan bahkan penurunan memori.

"Penurunan testosteron berhubungan dengan peran orangtua bukanlah hal yang buruk," katanya. "Ini adalah bagian dari attunement adaptif dalam fisiologi kita yang mungkin bermanfaat bagi kesehatan pria secara keseluruhan dan memberikan orangtua perawatan yang baik".(MEL)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment