Sepatu pun Tertata Menawan

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Sepatu pun Tertata Menawan
Oct 3rd 2011, 01:31

Lifestyle » Griya » Sepatu pun Tertata Menawan
Senin, 3 Oktober 2011 - 08:31 wib

Rak sepatu (Foto: Getty Images)
Rak sepatu (Foto: Getty Images)

RAK ataupun lemari dapat menjaga koleksi sepatu Anda terhindar dari masalah debu dan jamur. Dengan desain dan penataan yang rapi, rak sepatu bisa mempermanis ruangan.

Fungsi sepatu tidak hanya melindungi kaki, juga mempercantik tampilan Anda. Agar senantiasa terawat, jangan lupa untuk menyediakan rak khusussebagai tempat menyimpan sepatu.

Ke mana pun Anda melangkah, tentu selalu ditemani si pelapis kaki alias sepatu. Seiring pesatnya perkembangan zaman, fungsi sepatu dewasa ini bukan lagi sekadar untuk melapisi kaki, juga sudah menjadi "identitas" fashion sehari-hari banyak orang. Sepatu yang bergeletakan di rumah tentu akan membuat tampilan hunian tidak indah.

Untuk itu, merapikan sepatu dengan cara ditaruh di rak yang memadai perlu dilakukan. Rak maupun lemari dapat menjaga koleksi sepatu Anda terhindar dari masalah debu dan jamur. Kebanyakan dari Anda mungkin tidak pernah terpikir untuk menggunakan lemari besar sebagai rak sepatu lantaran khawatir rumah akan terlihat sempit dan sesak.

Tentu desain rak atau lemari sepatu yang tidak memakan lahan di rumah tapi dapat menampung banyak sepatulah yang Anda cari. Padahal, dengan desain yang pas dan penempatan yang baik, rak sepatu besar pun dapat menjadi pilihan untuk menampung puluhan koleksi sepatu Anda.

Menurut arsitek Rizky Artando, untuk membuat lemari sepatu, Anda tidak memerlukan ruang khusus. Anda dapat memanfaatkan lorong kecil di sudut dinding rumah supaya tidak banyak memakan tempat. Idealnya, Anda harus punya lahan berukuran lebar lebih kurang 90 cm untuk membuat lemari khusus sepatu. Namun, lebih kecil dari itu pun bukan masalah.

"Bukan hanya di ruangan yang memiliki lahan atau sudut luas. Dengan lahan berukuran lebar hanya 20 cm pun Anda sebetulnya sudah bisa menciptakan lemari yang difungsikan sebagai rak sepatu," kata Rizky.

Dengan ukuran "minimalis" ini, lemari yang difungsikan sebagai rak penyimpanan sepatu tidak akan mengganggu kenyamanan Anda ketika berlalu-lalang di lorong.

Mengenai ukuran panjang dan tinggi rak, Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan luasnya ruang. Idealnya rak penyimpanan ini memiliki panjang 1,2 meter dan tinggi 2 meter. Bagian dalam lemari pun tidak boleh Anda lupakan. Bagian dalam ini dapat Anda bagi menjadi dua bagian.

"Idealnya, rak sepatu dibagi menjadi dua bagian. Di bagian bawah dibuat berbentuk kotak dan disusun secara diagonal," ujar Rizky.

Pembagian area dalam lemari penyimpanan sepatu bertujuan memberi ruang yang berbeda pada rak. Misalkan di sisi kiri-kanan bisa Anda pergunakan untuk menaruh beberapa koleksi sepatu. Di bagian atas dapat Anda tambahkan batang logam yang difungsikan sebagai penyangga sandal dan sepatu.

"Jika ingin menggunakan batang logam sebagai penyangga di dalam lemari penyimpanan, sebaiknya gunakan batang dengan diameter satu sentimeter dan panjang 10 sentimeter," saran Rizky.

Selain melihat fungsinya, rak sepatu boleh Anda desain bentuknya sesuai keinginan dan kebutuhan. Ambil contoh, Anda boleh membuat lemari penyimpanan dengan model tiga pintu, dua pintu, satu pintu, bahkan tidak berpintu sama sekali. Untuk tampilan rak minimalis, Anda bisa menggunakan elemen kaca sebagai aksen yang netral dan simpel.

"Kaca bisa dijadikan pilihan terbaik untuk aksen lemari. Selain itu, pintu lemari yang terbuat dari kaca juga dapat dijadikan cermin di pintu dan memberikan kemudahan untuk mengambil sepatu," sebut Rizky.

Jika koleksi sepatu terlampau banyak dan memiliki jenis yang beragam, Anda bisa menempatkannya sesuai dengan jenisnya. Jika Anda memiliki sepatu yang sering dipakai, sebaiknya ditempatkan di rak yang mudah dijangkau.

Sebaliknya, bila Anda memiliki koleksi sepatu yang jarang dipakai, sebaiknya ditempatkan di bagian yang jarang terlihat, seperti di rak bagian dalam, paling atas, atau bisa juga di bagian rak terbawah. Bagaimanapun alangkah lebih baik jika rak sepatu tidak tertutup terlalu rapat agar bisa menciptakan celah kecil untuk sirkulasi udara di dalam rak sehingga sepatu tidak lembap atau kepanasan.

Ingat, udara yang terlalu lembap atau panas bisa lho merusak kondisi sepatu, terutama untuk sepatu jenis kulit. Kelembapan bakal menyebabkan jamur, sementara udara yang panas dapat membuat rusak sepatu. Ukuran rak sepatu tidak harus dibuat sama dengan ukuran lemari pada umumnya. Rak sepatu biasanya lebih terlihat ramping. Selain itu, rak sepatu juga tidak memerlukan area yang luas.

"Rak sepatu pada umumnya hanya membutuhkan lebar kurang dari 30 sentimeter. Mengenai tinggi dan panjangnya, bisa disesuaikan dengan kebutuhan," papar Rizky.

Nah, mulai sekarang, Anda tidak perlu lagi melihat sepatu berserakan di dalam rumah. Dengan tampilan rak yang sederhana, beragam koleksi sepatu Anda akan tertata rapi dan lebih awet disimpan.

(SINDO//nsa)
mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment