Anak Perlu Memiliki Kebiasaan Hidup Bersih

iklan
KOMPASfemale
KOMPASfemale
Anak Perlu Memiliki Kebiasaan Hidup Bersih
Oct 15th 2011, 08:33

KOMPAS.com - Di luar profesinya sebagai artis, Sophie Navita adalah seorang istri dan ibu dua putra Rangga Namora Putra Barata dan Radya Tuaro Putra Barata. Peran ini membuatnya harus ekstra hati-hati dalam mendidik putranya. Sophie mengaku bahwa tak mudah mendidik kedua buah hatinya yang mulai beranjak besar, terutama dalam membangun kebiasaan hidup bersih.

"Salah satunya adalah sifat pria yang kadang kurang memperhatikan kebersihan dirinya," ungkap Sophie kepada Kompas Female, dalam acara Lifebuoy Journalist Class di FX, Jakarta Selatan, Jumat (14/10/2011) lalu.

Sebagai pecinta kebersihan, Sophie sudah mengantisipasi masalah tersebut. "Aku memang orang yang suka banget jaga kebersihan. Jadi aku mau anak-anakku juga sadar akan pentingnya jaga kebersihan biar terhindar dari penyakit," tukasnya.

Sejak anak-anaknya masih kecil, istri musisi Ponky Barata ini sudah memperkenalkan 'aturan' untuk menjaga kebersihan dimulai dari hal-hal kecil seperti mencuci tangan.

"Saya mulai mengajarkan pentingnya cuci tangan sejak mereka baru bisa memegang berbagai benda dengan tangannya sendiri. Anak kecil kan suka banget masukin benda ke dalam mulut," tukasnya.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membiasakan anak-anak hidup bersih. Sophie selalu mengajarkan anaknya untuk hidup bersih dengan cara yang asyik dan menyenangkan, bukan menggurui atau marah-marah.

"Misalnya, aku selalu ngajarin anak-anak untuk cuci tangan yang bersih. Aku ajarin anak-anak untuk cuci tangan sambil nyanyi lagu happy birthday dua kali. Setelah itu baru dibilas dan dikeringkan. Cara ini bikin anak-anak senang dan tidak ada rasa keterpaksaan untuk melakukannya," tukasnya.

Kebiasaan yang sering dilakukannya ini, ternyata juga membuat anak-anaknya memiliki kesadaran sendiri untuk menjaga kebersihan dirinya sendiri dan bukan menjaga kebersihan karena takut atas kemarahan orang tuanya.

Dengan adanya kesadaran pada pentingnya kesehatan sejak dini, perilaku hidup sehat bisa menjadi kebiasaan dalam hidup sehari-hari. "Karena sudah jadi kebiasaan, anak-anak kini sudah tidak perlu disuruh lagi untuk hidup sehat sehari-hari. Dan justru sekarang mereka merasa risih kalau kotor. Jadi nggak perlu ngomel-ngomel," bebernya.

Tak hanya itu, pengalaman adalah guru terbaik, pengalaman yang pernah dirasakan putra pertamanya, Rangga dirawat di rumah sakit karena diare juga menjadi pemicu semangat anak-anaknya untuk menjaga kesehatan.

"Dulu dia sering banget ngemut jari, akhirnya dia kena diare dan dirawat. Akhirnya dia sendiri merasakan akibatnya kalau jorok. Yang paling penting menanamkan kesadaran untuk hidup bersih," ungkap Sophie.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment