Kiat Merawat Produk Quilt

iklan
KOMPASfemale
KOMPASfemale
Kiat Merawat Produk Quilt
Oct 15th 2011, 11:34

KOMPAS.com - Quilting adalah seni menggabung-gabungkan kain dengan ukuran dan potongan tertentu untuk membentuk motif yang unik. Kemudian gabungan kain tersebut ditindas dengan jahitan model jelujur yang ukurannya harus sama jika dilihat dari sisi manapun.

Untuk membuat quilt yang indah, maka butuh kreativitas dan ketekunan yang tinggi dari si pembuatnya. Dengan memotong, menyambungnya dalam satu rangkaian pola yang khas, kemudian dijahit dengan rapih membuat karya ini sangat unik dan cantik.

"Tak heran kalau dari semua quilt ini tidak akan ada yang sama, baik motif, warna dan bentuknya," ungkap Nisa Hariadi, pemilik Nisas Quilt kepada Kompas Female, dalam acara End of Year Gathering Cipete Quilting Community di Balai Sarwono, Cipete, Jakarta Selatan, Sabtu (15/10/2011).

"Kekhasan dan tingkat kesulitan membuat quilt  membuat quilt sayang banget  kalo tidak dirawat dengan benar," ungkap Nisa.

Cara mencucinya Salah satu trik yang harus diperhatikan adalah cara mencuci quilt. Agar tetap bersih dan tak luntur, sebaiknya kain yang digunakan untuk quilt ini dicuci terlebih dulu. Gunanya adalah untuk menghindari kain yang luntur dan penyusutan.

Salah satu karakteristik kain atau barang tekstil pasti akan menyusut setelah dicuci, sehingga untuk mengindari penyusutan setelah menjadi quilt, sebaiknya kain dicuci terlebih dulu. Untuk mencucinya, jangan gunakan deterjen, tapi gunakan campuran air dengan cuka untuk mencuci.

Setelah potongan kain perca ini menjadi selimut quilt, hiasan dinding quilt atau lainnya, maka perawatan dan pencucian juga sangat diperlukan untuk menjaga keindahannya.

"Untuk quilt yang sudah jadi lebih baik dicuci sendiri dengan tangan dan menggunakan shampo ataupun pengharum pakaian yang lembut," ungkap Nisa.

Namun, berbagai jenis aplikasi pada quilt juga menentukan perbedaan cara mencuci. Khusus untuk quilt dengan teknik aplikasi sulam pita dan  payet harus dicuci dengan dry clean.

"Sebaiknya, cucilah quilt seperti Anda mencuci batik tulis tangan. Ketika mencuci batik tulis tangan pasti sangat berhati-hati agar tak luntur dan rusak. Quilt ini basic-nya jahitan, kalau salah cuci bisa jadi rusak semua aplikasinya ataupun sobek," bebernya.

Selain itu, Nisa memberikan beberapa tips untuk merawat quilt, yaitu dengan menjemur quilt minimal sebulan sekali di bawah terik matahari, menyimpan quilt di dalam kantong blacu agar kain katun bisa bernapas dan tidak menimbulkan bau.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment