Tak Perlu Masak Daging Sampai "Welldone"

iklan
KOMPASfemale
KOMPASfemale
Tak Perlu Masak Daging Sampai "Welldone"
Oct 13th 2011, 09:13

KOMPAS.com - Memasak daging mungkin sudah merupakan kegiatan kita sehari-hari. Namun, kita mungkin tidak menyadari bahwa cara kita mengolah daging -khususnya daging sapi- kurang tepat. Kesalahan cara mengolah ini bisa menyebabkan Anda kehilangan kandungan nutrisi dari daging, atau malah terkontaminasi kuman yang ada pada daging.

Untuk mengungkap beberapa kesalahan sederhana yang kerap kita lakukan saat memasak daging sapi, Executive Chef dari The Darmawangsa Hotel, Vindex Valentino Tengker, berbagi tips saat talkshow "Let's Cook Beaf Meat Well to Help Kids Healthy and Smart" yang digelar Meat dan Livestock Australia (MLA) di Energy Cafe, Jl Jend. Sudirman, Jakarta, Rabu (12/10/2011) lalu.

Pindahkan daging dari freezer ke kulkas Sebaiknya daging dipotong-potong sesuai kebutuhan memasak, sebelum dimasukkan ke dalam freezer. Gunanya agar saat dikeluarkan dari freezer tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mencairkan es. Potonglah melawan serat agar daging tidak keras. Ketika akan dimasak, daging harus diturunkan dulu ke kulkas agar tidak mengalami perubahan suhu yang ekstrim.

"Patokannya adalah 12 jam untuk 1 kg daging," ujar Vindex.

Setelah diturunkan ke kulkas selama 12 jam, daging cukup dicuci dengan air yang mengalir dan sebaiknya tidak direndam. Bila Anda merendamnya, apalagi dengan air hangat, kandungan gizinya akan larut dalam air.

Setelah dicuci dengan air mengalir, daging bisa direbus terlebih dahulu jika akan dimasak berkuah, tetapi jangan membuang air rebusannya. "Kalau mau buang kotorannya, buang saja bagian atas air ketika mendidih, karena kotoran berkumpul di atas. Jangan buang air rebusannya karena gizinya justru di situ," jelas pria kelahiran Jakarta, 24 November 1968 ini.

Daging bisa bertahan hingga tiga bulan di freezer jika kualitas dagingnya bagus. Namun Vindex menyarankan agar daging segera diolah setelah dibeli.

Masak steak medium atau medium well Orang Indonesia terbiasa memasak daging hingga sangat matang (well done), padahal menurut Vindex, daging yang baik untuk kesehatan adalah daging yang dimasak medium atau medium well. Bakteri sudah mati di suhu 70 derajat Celcius, sehingga tidak harus menunggu 100 derajat Celcius untuk diangkat.

Balik daging sekali saja Ketika memasak di atas wajan atau panggangan, hindari membalik daging terlalu sering. Masak daging sekitar 3 menit pada masing-masing sisi. Jika merasa belum matang, lebih baik dimatangkan di oven.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment